Sambutan Rektor Pada Sidang Senat Terbuka Dalam Rangka Wisuda Semester Genap Tahun Akademik 2022/2023

Institut Teknologi Indonesia > Pojok Rektor > Sambutan Rektor Pada Sidang Senat Terbuka Dalam Rangka Wisuda Semester Genap Tahun Akademik 2022/2023
Wisuda ITI 2024

Assalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh,

Yang saya hormati,

Saudara  Ketua  Senat  dan  para  anggota  Senat  Institut Teknologi Indonesia,

Ketua Umum Pengurus Yayasan Pengembangan Teknologi Indonesia beserta jajarannya, Ketua Umum Pengurus Pusat Insinyur Indonesia atau yang mewakili, Ketua Alumni ITI dan Ketua Alumni Program Studi, Ibu dan Bapak para orang tua wisudawan, para penyandang dana bea siswa dan para mitra Institut Teknologi Indonesia,

Para pimpinan, para Ketua Program Studi serta rekan-rekan dosen dan tenaga kependidikan  Institut Teknologi Indonesia, dan

Yang teristimewa yang saya cintai dan saya banggakan para wisudawan Institut Teknologi Indonesia, serta

Para undangan dan hadirin sekalian yang berbahagia,

Pertama-tama marilah kita panjatkan puji dan syukur ke hadirat Allah SWT Tuhan YME, karena atas limpahan rahmat dan ridhoNya, pada hari ini kita semua dapat menghadiri Sidang Senat Terbuka Institut Teknologi Indonesia  dalam rangka Wisuda Semester Genap Tahun Akademik 2022/2023, dalam keadaan sehat wal’afiat, tidak kurang suatu apapun juga. Kepada semua tamu undangan yang hadir dalam acara ini, saya ucapkan terima kasih dan penghargaan, disertai harapan, semoga silaturrahmi dan kerja sama kita semakin erat dan mendatangkan manfaat bagi kita semua.

Pengantar Sambutan Rektor pada Wisuda

Ibu, Bapak dan hadirin yang saya hormati,

Sidang Senat Terbuka dalam rangka wisuda Semester Genap 2022/2023 ini dilaksanakan secara luring untuk ketiga kali sejak merebaknya pandemi covid 19 pada awal tahun 2020 yang lalu. Hal ini sehubungan dengan pemerintah pusat telah mencabut kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) yang tertuang dalam instruksi Mendagri Nomor 50 dan 51 Tahun 2022. Pelaksanaan wisuda secara luring ini diharapkan dapat memberikan suasana hidmat dan kesan yang mendalam bagi seluruh wisudawan. Kami memaklumi sepenuhnya bahwa prosesi wisuda secara luring bagi sebagian besar putra-putri kita yang telah berhasil menyelesaikan pendidikannya merupakan acara yang sangat dinantikan dan diharapkan sebagai salah satu kenangan terindah masa studi di almamater kampus ITI tercinta.

Sambutan Rektor pada Acara Wisuda

Tentu saja acara ini dilaksanakan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan, dengan seluruh wisudawan dan peserta yang hadir dalam sidang senat terbuka ini sudah divaksinasi covid minimal sampai vaksin yang kedua. Dengan tetap mempertimbangkan protokol kesehatan ini pula, maka acara wisuda kali ini dilaksanakan dalam 2 hari, yaitu Sabtu dan Minggu, 13 dan 14 Mei 2022.

Ibu, Bapak dan hadirin yang saya hormati,

Selanjutnya ijinkanlah saya menyampaikan statistik lulusan Institut Teknologi Indonesia pada semester ganjil 2022/2023 ini. Jumlah lulusan semester ganjil 2022/2023 sebanyak 287 orang (Sarjana = 202 orang dan Program Profesi Insinyur = 85 orang) dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) program akademik rata-rata 3,38 dan lama studi rata-rata 4,5 tahun dengan lulusan tercepat diraih dalam 3,5 tahun.

DSC 0169 1Wisuda pada hari Sabtu 13 Mei 2023 diikuti oleh 123 wisudawan dari Teknik Elektro 34 orang, Teknik Industri 8 orang, Teknik Kimia 65 orang, Arsitektur 10 orang, Perencanaan Wilayah Dan Kota 1 orang, dan Manajemen 5 orang. Dari wisudawan ini, 2 orang diantaranya merupakan lulusan terbaik dengan predikat cumlaude. Predikat  cumlaude  dengan IPK tertinggi 3,57 diraih oleh ananda Bayu Nugroho Aji, NIM 1111600006 dari Program Studi Teknik Elektro dan predikat cumlaude lulusan tercepat dalam 3,5 tahun dengan IPK 3,51 diraih oleh ananda Alifah Salma, NIM 1411900013 dari Program Studi Manajemen.

Wisuda pada hari Minggu 14 Mei 2023 diikuti oleh 151 wisudawan dari Prodi Teknik Mesin 35 orang, Prodi Teknik Informatika 35 orang, Teknik Sipil 20 orang, Teknologi Industri Pertanian 11 orang, dan Program Profesi Insinyur 50 orang. Dari wisudawan ini, 3 orang diantaranya merupakan lulusan terbaik dengan predikat cumlaude. Predikat  cumlaude  dengan IPK tertinggi 3,62 diraih oleh ananda Danang Setiawan, NIM 1151800053 dari Program Studi Teknik Informatika.

Kepada ananda yang berhasil meraih prestasi sebagai lulusan terbaik, saya ucapkan selamat, selamat atas prestasi luar biasa yang telah dicapai, semoga sukses ini berlanjut dalam karya  dan karir selanjutnya. Teruslah berprestasi, harumkan nama keluarga, almamater dan bangsa Indonesia sebagai amal ibadah kepada Allah SWT Tuhan YME.  Kepada segenap wisudawan lainnya, saya juga mengucapkan selamat atas kelulusan ananda semua dari kampus tercinta ini, semoga semua yang telah diperoleh selama belajar di sini bermanfaat sebagai bekal dalam berjuang dan berkarya di tengah-tengah masyarakat. Kami yakin, ananda semua akan menjadi bagian dari solusi dari berbagai permasalahan di tengah masyarakat.

Ananda Alifah Salma dari Program Studi Manajemen yang meraih predikat kelulusan cumlaude nanti akan menyampaikan pidato sambutan mewakili wisudawan pada tanggal 13 Mei 2023, sedangkan ananda Indra Wira Wisyadhana, dari Program Studi Teknik Mesin yang meraih predikat kelulusan cumlaude akan menyampaikan pidato sambutan mewakili wisudawan pada tanggal 14 Mei 2023. Dan Pidato sambutan mewakili wisudawan PSPPI pada 14 mei 2023 adalah Sdr. Rahmat Nur Siaga.

Tips dan Kiat Rektor untuk Wisudawan

Ibu, Bapak dan hadirin yang saya hormati,

Dalam kesempatan yang baik ini, ijinkanlah saya selaku pimpinan ITI memberikan tips atau kiat kepada segenap wisudawan sekalian agar sukses di tengah masyarakat. Sebagaimana kita maklumi bersama, bahwa akhir-akhir ini kita menjadi sangat familiar dengan suatu aplikasi artificial intelligence (AI) atau kecerdasan buatan, yaitu ChatGPT. Tips ini saya kutip dari ChatGPT, yang saya kira cukup baik dan lengkap, sebagai berikut:

  1. Jangan cepat puas dengan pengetahuan yang telah Anda miliki selama studi. Teruslah belajar dan meningkatkan keterampilan Anda, baik dengan mengikuti kursus tambahan, membaca buku, atau melakukan proyek-proyek baru yang menantang.
  2. Manfaatkan jaringan alumni dan relasi yang Anda dapatkan selama studi untuk membangun karier Anda. Jangan ragu untuk menghubungi mereka untuk mendapatkan informasi tentang peluang pekerjaan atau masukan tentang industri.
  3. Jangan takut untuk memulai karier Anda dari posisi yang rendah. Sebagai lulusan baru, Anda mungkin tidak langsung mendapatkan posisi yang diinginkan, tetapi dengan kerja keras dan dedikasi, Anda akan dapat naik ke posisi yang lebih tinggi.
  4. Jangan lupa untuk mengembangkan keterampilan komunikasi Anda. Keterampilan ini sangat penting dalam dunia kerja, terutama ketika Anda berinteraksi dengan klien atau kolega dari latar belakang yang berbeda.
  5. Selalu jaga etika profesional dan integritas dalam pekerjaan Anda. Ini akan membantu membangun reputasi Anda sebagai pekerja yang dapat diandalkan dan profesional.
  6. Teruslah mengikuti perkembangan industri dan teknologi. Hal ini akan membantu Anda untuk tetap relevan dalam pekerjaan dan karier Anda.
  7. Jangan lupa untuk menikmati proses belajar dan mengejar karier Anda. Ingatlah bahwa ini adalah perjalanan yang panjang dan membutuhkan kesabaran dan kerja keras.Bagian Bawah Formulir

Tambahan dari saya, untuk meraih sukses ananda membutuhkan pertolongan Tuhan dan dukungan keluarga. Karena itu jangan lupa beribadah dan berdoa kepada Tuhan YME serta binalah hubungan keluarga yang harmonis dengan Ibu, Ayah dan Saudara serta pada saatnya jika sudah menikah, dengan istri dan anak-anak. Selamat berjuang anak-anakku, doa kami untuk kesuksesan ananda semua.

Ibu, Bapak dan hadirin yang saya hormati,

Pada acara Wisuda pada tanggal 13 Mei 2023 akan disampaikan orasi ilmiah dengan judul “Kecerdasan Buatan : Sebuah Tantangan, Harapan, dan Masa Depan Bangsa” oleh saudara Ir.Mega Bagus Herlambang, S.T., M.T., Ph.D, IPM., ASEAN.Eng staf pengajar Institut Teknologi Indonesia dari Program Studi Teknik Industri. Doktor Mega Bagus Herlambang lulus dari Program S1 Institut Teknologi Bandung Program Studi Teknik Industri pada tahun 2009. Pada tahun 2010, lulus dari program Magister Teknik dan Manajemen Industri Institut Teknologi Bandung. Dan program doktor diselesaikannya di University of Groningen – Netherland program Studi Artificial Intelligence. Atas Kesediaan saudara Mega Bagus Herlambang memberikan orasi ilmiah pada acara wisuda ini, saya atas nama Institut Teknologi Indonesia menyampaikan terimakasih dan penghargaan yang tinggi.

Penutup Sambutan Rektor

Sebagai penutup,

Perkenankanlah saya atas nama Institut Teknologi Indonesia sekali lagi menyampaikan selamat kepada seluruh wisudawan. Saya juga menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada semua Ketua Program Studi, para Pembimbing Tugas Akhir, para Penasihat Akademik, para dosen dan tenaga kependidikan ITI atas kerja keras dan kesabarannya. Juga kepada para pemberi beasiswa, yang telah membantu banyak mahasiswa ITI sampai lulus. Semoga Tuhan YME membalas budi baik Ibu, Bapak dan Saudara semua dengan imbalan yang berlipat ganda.

Terima kasih dan penghargaan juga saya sampaikan kepada para Alumni ITI, mitra kerja sama ITI, serta masyarakat sekitar kampus yang telah mendukung terlaksananya proses pembelajaran di ITI secara utuh, aman, nyaman dan kondusif.

Terima kasih dan penghargaan yang tinggi secara khusus saya sampaikan kepada Dirjen Diktiristek Kemdikbudristek, Kepala LLDIKTI Wilayah 3, para Pemangku Wilayah, Persatuan Insinyur Indonesia serta Yayasan Pengembangan Teknologi Indonesia atas segala dukungan, nasihat dan pengarahannya, sehingga misi pendidikan tinggi di ITI dapat dilaksanakan dengan lancar dan semakin baik.

Tidak lupa, saya sampaikan pula terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada seluruh anggota panitia penyelenggara, para mahasiswa, dan Unit Kegiatan Mahasiswa yang telah membantu, sehingga seluruh rangkaian acara Sidang Senat Terbuka ini dapat terselenggara dengan tertib, lancar dan khidmat. Semoga Allah SWT senantiasa meridhoi dan memberkati kita semua, Aamiin YRA.

Sekianlah yang dapat saya sampaikan, mohon maaf jika ada kata-kata yang salah atau kurang berkenan dihati Ibu, Bapak dan Saudara sekalian.

Wabillahi taufiq walhidayah,

Wassalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh.

 

Tangerang Selatan, 5 Mei 2023

 

Dr. Ir. Marzan A. Iskandar, IPU

Rektor  ITI

Leave a Reply