Pusat Inovasi dan Inkubasi Bisnis Institut Teknologi Indonesia Bersama Kemenkop UKM Gelar Bootcamp Startup 2023

Institut Teknologi Indonesia > Berita Kampus > Pusat Inovasi dan Inkubasi Bisnis Institut Teknologi Indonesia Bersama Kemenkop UKM Gelar Bootcamp Startup 2023

Pusat Inovasi Inkubasi Bisnis Institut Teknologi Indonesia ( PI2B-ITI) bekerjasama dengan Kementerian Koperasi dan UKM (KemenKopUKM) menggelar Bootcamp melalui program peningkatan kapasitas startup inkubasi tahun 2023 dengan tema “ Revolutionizing The Future of Startup Through Engineering Renovation Business Solution” yang berlangsung mulai 4 – 6 Mei 2023 di Serpong Tangerang Selatan.

Bootcamp Startup 2023

Dalam acara pembukaan Bootcamp Startup 2023, Asdep Pengembangan Teknologi Informasi dan Inkubasi Usaha KemenkopUKM, Christina Agustin, A.Pi, MM menuturkan, ITI yang menjadi salah satu lembaga inkubator yang terpilih menjadi bagian dari program peningkatan kapasitas startup yang dilakukan KemenkopUKM sudah melalui proses yang panjang mulai dari pemetaan, serta peninjauan langsung tim kelapangan sampai proses meeting dan terakhir pengusulan melalui rapat pimpinan. Selanjutnya, pemilihan lokasi Propinsi Banten juga menjadi poin untuk mengikuti proses inkubasi khususnya pada Dinas Koperasi dan UKM Propinsi Banten yang dinilai masuk kategori 10 terbaik propinsi dalam proses pendataan terlengkap dalam membantu tugas pemerintah.

Ia melanjutkan, Berbicara tentang lembaga inkubator kita hanya mengetahui dari perguruan tinggi negeri dan perguruan tinggi swasta yang ada di Indonesia sesuai dengan pembentukan lembaga inkubator daerah merupakan amanat dari Peraturan Pemerintah No. 7 Tahun 2021 tentang Kemudahan, Pelindungan, dan Pemberdayaan Koperasi dan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah.

“Proses inkubasi ini dapat memberikan percepatan UMKM naik kelas dan akan dapat bertahan hidup dalam kondisi apapun. Karena, terbukti bahwa kondisi pandemi covid ini justru startup bermunculan dan proses digitalisasi menjadi sangat penting untuk dapat bertahan,” kata Christina.

Lebih lanjut dikatakan, bahwa bootcamp kali ini menghadirkan narasumber terbaik. Harapannya, setelah melalui proses inkubasi setelah bootcamp ada Coaching Clinic, Workshop, Mentoring & Monitoring hingga Demoday. “Dimana para startup/ tenant yang sudah terpilih betul betul menjadi kuat dan saat mereka menjadi alumni akan betul betul menjadi para CEO handal. Selanjutnya akan muncul perusahaan baru / startup baru yang tentunya akan mempengaruhi ekonomi Propinsi Banten.” ujar Christina.

Dengan sasaran anak-anak muda tentunya menjadi bagian dari bonus demografi Indonesia yang diharapkan sudah dipersiapkan dan menjadi matang. Dan, yang paling penting inkubasi ini dapat memberikan dampak berkelanjutan bagi perusahaan startup baru dan dapat menumbuhkan startup berbasis teknologi.

Dikesempatan yang sama, Rektor ITI Dr. Ir. Marzan Aziz Iskandar, IPU. ASEAN. Eng menuturkan, Kampus ITI memiliki pusat inkubasi bisnis sejak tahun 2014 dan terus semakin tumbuh. “Inovasi bisnis akan tercapai dengan membangun ekosistem incubasi bisnis.”

Lebih lanjut dikatakan pada peserta boothcamp, bahwa di minggu depan tepatnya pada tanggal 9 Mei 2023 akan diadakan pameran teknologi tepat guna Se-propinsi Banten bertempat di Kampus ITI.

” Jadi sangat baik moment ini dimanfaatkan sebagai wadah untuk melakukan komersialisasi teknologi Dan, saya menyarankan agar para startup memanfaatkan momen ini untuk membangun jejaring,” ujar Marzan.

Perlu diketahui dalam penyelenggaraan bootcamp Startup 2023 yang bertemakan “Revolutionizing the Future of Startup Trough Engineering Innovation Business Solution” ini, diikuti oleh total jumlah peserta 39 orang perwakilan dari 20 startup yang telah lolos seleksi.

Acara Boothcamp pada hari kedua dihadiri oleh Deputi Kewirausahaan KemenkopUKM Ir. Siti Azizah MBA yang memberikan arahan kepada para startup untuk memanfaatkan bootcamp ini dengan baik. Lebih lanjut Ir. Siti Azizah MBA mengatakan bahwa para startup yang lolos beruntung bisa mengikuti inkubasi dibawah Lembaga incubator PI2B-ITI, dengan pengalaman lebih dari 10 tahun mengelola incubator yang didukung oleh narasumber dan pendamping yang handal akan dapat membantu para startup dalam mengembangkan usahanya.

Ia melanjutkan, berbicara tentang lembaga inkubator kita hanya mengetahui dari perguruan tinggi negeri dan perguruan tinggi swasta yang ada di Indonesia. Pembentukan lembaga inkubator daerah merupakan amanat dari Peraturan Pemerintah No. 7 Tahun 2021 tentang Kemudahan, Pelindungan, dan Pemberdayaan Koperasi dan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah.

Leave a Reply