English EN Indonesian ID
English EN Indonesian ID

Peresmian Kantor Sekretariat Ikatan Alumni Teknik Kimia (IKATEK) Institut Teknologi Indonesia

Institut Teknologi Indonesia > Alumni > Peresmian Kantor Sekretariat Ikatan Alumni Teknik Kimia (IKATEK) Institut Teknologi Indonesia

Ikatan Alumni Teknik Kimia (IKATEK) dan Himpunan Mahasiswa Teknik Kimia (HMTK) meresmikan kantor sekretariat Alumni Teknik Kimia Institut Teknologi Indonesia (Sabtu, 3 September 2022).

Ketua IKATEK ITI, Ir. Sugeng Widodo menyatakan bahwa keberadaan kantor sekretarian yang berada di dalam lingkungan Kampus ITI berawal dari keinginan para Alumni untuk memiliki wadah berkumpul. Oleh karena itu, ruangan seluas 3×15 meter yang dibiayai oleh para Alumni Teknik Kimia ITI dibangun sebagai ruang sekretarian atas dukungan dari pihak Rektor ITI.

Lebih lanjut, Sugeng mengutarakan bahwa Alumni Teknik Kimia ITI banyak tersebar di seluruh Indonesia bahkan beberapa diantaranya memiliki perusahaan yang terletak di Australia dan Singapura. Salah satu Alumni yang menjadi sponsor dalam pembangunan gedung sekretariat yakni perusahaan Belindo dari Sidoarjo.Dengan adanya kantor sekretariat ini diharapkan bagi mereka para Alumni yang sudah jauh dari ITI dapat melihat keaktifan dan potensi untuk mengadakan kegiatan yang positif dan tentunya diharapkan dapat memberikan dukungan CSR bagi Kampus ITI. Selain itu, kedepannya diharapkan dapat dilakukan dukungan dalam bentuk program beasiswa yang akan ditawarkan melalui seleksi, catatan akademik unggul dan prestasi maupun kegiatan olahraga atau kompetisi teknik kimia bagi Mahasiswa yang akan menghidupkan kembali suasana kampus ITI. Dikatakan pula bahwa, kedepannya akan dilakukan penyaluran mahasiswa untuk dikembangkan ke arah Industri.

Pada kesempatan yang sama, Dr. Ir. Marzan Aziz Iskandar, IPU., ASEAN.Eng selaku Rektor Institut Teknologi Indonesia menyampaikan dukungan atas langkah awal yang dilakukan para Alumni Teknik Kimia untuk membangun kantor sekretariat di Kampus ITI yang merupakan visi dan cita-cita dalam menjalin hubungan antara alumni, mahasiswa dan dosen agar menjadi lebih dekat dan baik.

“Ini menjadikan 4 (empat) pilar yang sangat penting dalam membangun Perguruan Tinggi. Kampus ITI telah banyak melahirkan para alumni yang saat ini menempati posisi direktur dalam bidang industri dan bahkan ada yang memiliki perusahaan sendiri. Ini juga menjadi tempat bagi mahasiswa untuk mendapatkan program MBKM, khususnya kerja magang bagi sehingga dapat bekerja dan membantu sekaligus belajar dan mencari pengalaman. Selain itu, perusahaan juga mendapatkan manfaat karena bisa terus menerus mendapatkan tenaga kerja muda tanpa harus merekrut karyawan dengan waktu penuh.” tutur Rektor ITI

Dengan lingkungan seperti itu, Rektor ITI berharap adanya dampak atau efek yang berjalan secara signifikan sehingga menjadi positif bagi perkembangan Kampus ITI.

“Karena itulah saya mendukung penuh adanya organisasi Ikatan Alumni dan dibangunnya kantor Sekretariat. Kedepannya, diharapkan akan banyak lagi kegiatan yang dapat dilakukan sehingga dapat terciptanya sinergis dan kolaborasi antara alumni, mahasiswa dan dosen seperti kegiatan olahraga, pelatihan dan lainnya yang dapat digali bersama-sama.” Tutupnya.

Leave a Reply