English EN Indonesian ID
English EN Indonesian ID

Pedoman Akademik

Institut Teknologi Indonesia > Pedoman Akademik

Pusat Akademik

Pusat Akademik merupakan unsur pelaksana dibidang administrasi akademik Institut yang menyelenggarakan pelayanan administrasi Akademik dan Kemahasiswaan. 

Pedoman Akademik

Pedoman Akademik ITI mengatur berbagai substansi yang mencerminkan bagaimana pendidikan akademik, profesi dan vokasional direncanakan dan diselenggarakan.

Salah satu substansi penting dalam pedoman ini adalah sistem penerimaan mahasiswa baru ITI yang merupakan informasi penting bagi masyarakat terkait bagaimana proses pendaftaran, seleksi dan pendaftaran ulang sebagai mahasiswa baru ITI. Informasi ini merupakan bagian dari layanan prima kepada masyarakat yang ingin menempuh pendidikan tinggi di ITI.

Pedoman ini juga menjelaskan tentang Kurikulum 2021 yang disusun berdasarkan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI), Standar Nasional Pendidikan Tinggi, capaian Indikator Kinerja Utama PTN dan LLDIKTI di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dan Panduan Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi di Era Industri 4.0 untuk Mendukung Merdeka Belajar Kampus Merdeka yang dikeluarkan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kemdikbud. Di samping itu kurikulum ITI 2021 mengacu pula pada visi ITI yaitu Technology Based Entrepreneur University.

Substansi penting lainnya yang dijelaskan pada pedoman ini adalah proses pembelajaran yang dilaksanakan dengan sistem tertentu dan merupakan informasi penting bagi mahasiswa. Mahasiswa diharapkan memahami ketentuan tersebut agar mereka dapat mengikuti proses pembelajaran dengan benar dan baik. Pemahaman yang baik terhadap sistem pembelajaran di ITI memudahkan mahasiswa menyelesaikan studi tepat waktu dengan prestasi belajar yang unggul.

Penjelasan lain dalam pedoman ini adalah terkait dengan proses pembelajaran dan suasana akademik, yang meliputi antara lain sistem penilaian hasil belajar yang merupakan informasi penting dalam mengukur keberhasilan pembelajaran mahasiswa, pelaksanaan kegiatan Kerja Praktek, Tugas Akhir, Kuliah Kerja Nyata dan Kegiatan Merdeka Belajar Kampus Merdeka. Pedoman akademik ditutup dengan persyaratan kelulusan, pelaksanaan wisuda dan perolehan gelar yang berhak diterima lulusan setelah lulus Sidang Tugas Akhir.

Panduan Akademik ini tidak hanya penting bagi para mahasiswa, tetapi juga penting bagi para dosen dan tenaga kependidikan. Dengan memahami panduan akademik ini, dosen dapat memberi layanan akademik seperti pembelajaran, bimbingan akademik, dan bimbingan lain kepada mahasiswa. Demikian pula, tenaga kependidikan akan dapat memberi layanan administrasi akademik secara profesional kepada mahasiswa.

Dokumen Pusat Akademik

Dokumen Pusat Akademik Pengelola Labotarium Praktek & Lab Bahasa Merdeka Belajar Kampus Merdeka
Pedoman Akademik ELC Class Informasi MBKM 
Aturan Penetapan Format RPS Mata Kuliah Wajib Dokumen MBKM
Kurikulum Pusat laboratorium Bahasa SK Rektor MBKM
pedoman Kebijakan Suasana Akademik  Lab. Ilmu Bahasa
SK Penetapan Pelaksanaan MBKM
Panduan Teknis Penulisan Tugas Akhir   Template Laporan MBKM
Panduan Pengembangan Kurikulum Program Studi