Institut Teknologi Indonesia > Blog Posts > Jurusan Manajemen Kerja Apa? Simak 10 Daftar Profesi Berikut!
jurusan manajemen kerja apa

Jurusan Manajemen kerja apa? itu merupakan pertanyaan umum yang ditanyakan untuk lulusan manajemen. Jurusan Manajemen merupakan salah satu jurusan di kampus yang memiliki peminat cukup banyak. Karena itu, Anda bisa menemukan berbagai perguruan tinggi di tanah air yang menyediakan program studi ini. Namun, sebelum memilih jurusan manajemen, ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui, terutama terkait dengan prospek kerjanya. Memangnya, lulusan jurusan manajemen kerja apa saja?

Serba-serbi Jurusan Manajemen

Manajemen adalah sebuah jurusan yang mempelajari tentang dinamika perusahaan. Karena itu, program studi ini tidak hanya berkutat dengan permasalahan keuangan kantor, tetapi juga perencanaan, pengorganisasian, dan pengendalian perusahaan agar dapat mencapai tujuan yang dicita-citakan.

Jurusan ini sangat cocok jika Anda memiliki passion di bidang kepemimpinan atau memiliki perencanaan strategis untuk memajukan perusahaan. Adapun mata kuliah yang nantinya akan diajarkan meliputi hal-hal seputar keuangan, bisnis, perilaku organisasi, sampai perilaku konsumen. Sebab, semua itu akan berpengaruh terhadap perkembangan sebuah perusahaan.

Jurusan Manajemen Kerja Apa?

Seperti yang sudah dikatakan di awal, jurusan manajemen memiliki peluang kerja cukup luas. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut.

1. Konsultan Bisnis

Karena perkuliahan di manajemen akan mengajarkan Anda banyak hal seputar perusahaan, tidak heran bila Anda berkesempatan untuk menjadi konsultan bisnis setelah lulus nanti. Dalam peluang karier ini, nantinya Anda akan bertanggung jawab dalam menentukan strategi pemasaran terbaik sampai membuat sebuah business plan.

2. Marketing Manager

Satu lagi pilihan yang menjawab jurusan manajemen kerja apa adalah marketing manager. Seperti yang kita tahu bersama, perusahaan membutuhkan pemasaran agar produk atau jasa yang ditawarkan bisa diketahui oleh banyak orang. Di sisi lain, mahasiswa yang mengambil program studi manajemen juga mendapat pelajaran seputar promosi.

3. Business Development

Sebuah bisnis pastinya memerlukan pengembangan jika ingin terus eksis. Hal ini bisa diwujudkan oleh seorang lulusan manajemen yang mendaftarkan diri ke bagian business development. Sebab, mereka punya deskripsi pekerjaan untuk melihat kondisi pasar, menentukan strategi, sampai menciptakan produk atau jasa yang baru.

prospek kerja teknik kimia

4. Recruiter

Siapa bilang recruiter itu hanya bisa dilakukan oleh seorang lulusan psikologi? Anda yang berasal dari jurusan manajemen juga bisa menjalankan tugas ini, lho! Recruiter adalah salah satu bidang di divisi Human Resource Development (HRD).

5. HRD

Selain menjadi recruiter, Anda juga bisa menjadi kru Human Resource Development (HRD) yang banyak bertanggung jawab terhadap kesejahteraan karyawan serta menyelenggarakan berbagai pelatihan guna meningkatkan hubungan antara satu sama lain atau skill masing-masing individu.

6. Banker

Masih belum menemukan yang sesuai dengan passion Anda? Tenang, untuk Anda yang terus bertanya-tanya alumni jurusan manajemen kerja apa, ada profesi banker yang patut untuk dicoba. Anda bisa masuk ke bagian teller, customer service, front office, hingga back office.

7. Entrepreneur

Tidak ada yang mengatakan bahwa syarat utama untuk menjadi pebisnis itu harus kuliah di jurusan manajemen terlebih dahulu. Tapi, dengan mengambil program studi ini, Anda dapat mendalami tentang keuangan, operasional, sampai risiko-risiko yang mesti diantisipasi perusahaan.

8. Production Manager

Seorang lulusan manajemen juga bisa menjadi production manager yang bertugas mengontrol produksi barang dari sebuah perusahaan. Sehingga, bisnis tersebut dapat menjalankan kegiatan produksinya tanpa terkendala suatu apa pun. Bahkan, bidang pekerjaan satu ini juga memantau kinerja karyawan di perusahaan tersebut.

9. Management Trainee

Management trainee juga bisa jadi andalan bagi seseorang yang menuntaskan studi dari program studi manajemen. Biasanya, seorang MT akan menjalani masa pelatihan selama dua tahun dengan cara dipindah-pindah di berbagai divisi kantor. Setelah itu, perusahaan akan melihat di mana posisi yang paling cocok untuk Anda tempati.

10. Accounting Manager

Karena manajemen juga mempelajari keuangan perusahaan, tak heran jika lowongan ini bisa Anda coba daftar. Awalnya, Anda mungkin akan masuk ke bagian staf keuangan. Setelah beberapa tahun bekerja, tidak menutup kemungkinan Anda akan mendapat promosi untuk menduduki posisi accounting manager.

Ternyata, pertanyaan tentang jurusan manajemen kerja apa mempunyai banyak jawaban, ya. Meski begitu, pemilihan kampus tetap penting dilakukan karena ini akan mendongkrak nama Anda di hadapan para recruiter. Anda bisa memilih Institut Teknologi Indonesia atau ITI sebagai jawabannya. Kampus ini didirikan langsung oleh B. J. Habibie yang berperan besar dalam perkembangan Indonesia, lho.

Apakah Jurusan Arsitektur Susah? Ini 10 Kemampuan Wajibnya!

Selain memiliki jurusan manajemen, kampus ITI juga menyediakan berbagai macam jurusan teknik yang menarik banyak peminat. Untuk informasi lebih lengkap tentang program studi apa saja yang tersedia di kampus ini, kunjungi saja website ITI. Lalu, jika Anda sudah memantapkan diri untuk mendaftar di jurusan manajemen, klik link di sini, ya!

Leave a Reply