ITI Raih Peringkat 2 Penelitian Kebijakan MBKM Terbaik Kemendikbudristek Tahun 2021

Institut Teknologi Indonesia > MBKM > ITI Raih Peringkat 2 Penelitian Kebijakan MBKM Terbaik Kemendikbudristek Tahun 2021
ITI Raih Peringkat 2 Penelitian Kebijakan MBKM Terbaik Kemendikbudristek Tahun 2021

Institut Teknologi Indonesia (ITI) berhasil meraih peringkat 2 penelitian terbaik dalam Program Penelitian Kebijakan MBKM dan Pengabdian kepada Masyarakat Berbasis Hasil Penelitian dan Purwarupa PTS Tahun 2021, yang pemilihannya dilaksanakan pada hari Kamis 30 Desember 2021.

IMG 20211225 WA0000

Penelitian terbaik kedua diraih oleh ITI melalui penelitian MBKM berjudul Revitalisasi Industri Alat Berat dengan Program Link & Match Merdeka Belajar Kampus Merdeka (Kerja Magang). Penelitian yang dilaksanakan oleh Tim dari Program Studi Teknik Mesin yang bermitra dengan PT Komatsu Indonesia, diketuai oleh Prof. Dr. Ir. Dwita Suastiyanti, M.Si., IPM, beranggotakan Jones Victor Tuapetel, ST., MT., PhD., IPM, Pathya Rupajati, ST., MT., Dr. Ir. Iyus Hendrawan, M.Si., IPU, Dra. Perak Samosir, M.Si., dan Ir. Rulyenzi Rasyid, MKKK.Untitled

Program Penelitian Kebijakan MBKM dan Pengabdian kepada Masyarakat Berbasis Hasil Penelitian dan Purwarupa PTS Tahun 2021 ini merupakan program hibah yang didanai oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi setelah melalui hasil seleksi PTS di seluruh Indonesia. Dari 3.000 lebih PTS di Indonesia (Statistik Pendidikan Tinggi 2020, Setditjen Dikti), hanya 110 PTS yang memperoleh dana hibah ini. Institut Teknologi Indonesia (ITI) adalah salah satu perguruan tinggi yang memperoleh hibah penelitian MBKM, dengan total pendanaan sebesar Rp. 1, 3 Milyar.

 

DSC 0064

Pengajuan penelitian terbaik oleh ITI pada program bantuan pendanaan Penelitian Kebijakan MBKM dan Pengabdian kepada Masyarakat Berbasis Hasil Penelitian dan Purwarupa PTS Tahun 2021 Kemendikbudristek, diawali dengan proses pemilihan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat terbaik di tingkat institusi melalui Sidang Senat untuk diusulkan dan diseleksi di tingkat nasional oleh tim reviewer Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset dan Teknologi (Ditjen Diktiristek), yang terdiri dari Dr. Drajat Tri Kartono, Dr. Drh. Raden Wisnu Nurcahyo, Prof. Dr. Saryono, M.Si dan Prof. Dr . Ir. Ketut Widnyana, M.Si. Sidang Senat ITI mengusulkan 1 judul penelitian dan1 judul pengabdian kepada masyarakat untuk diseleksi di tingkat nasional. Seleksi tingkat nasional yang dilaksanakan melalui kegiatan ‘Seminar Hasil Nasional Penelitian Kebijakan MBKM dan Pengabdian Masyarakat Berbasis Hasil Penelitian Purwarupa PTS dan Pemilihan Hasil Penelitian MBKM dan Program Pengabdian Masyarakat PTS Terbaik Tahun 2021’ pada Kamis 30 Desember 2021, menetapkan tiga (3) penelitian terbaik tingkat nasional, dimana ITI berhasil meraih ‘Peringkat 2’. Penelitian berjudul Revitalisasi Industri Alat Berat dengan Program Link & Match Merdeka Belajar Kampus Merdeka (Kerja Magang), yang dapat disaksikan pada https://youtu.be/roHvq_mr8pQ merupakan rangkuman kegiatan magang MBKM empat (4) mahasiswa Program Studi Teknik Mesin di PT Komatsu Indonesia.

 

Selamat untuk Program Studi Teknik Mesin dan selamat untuk ITI. Semoga ITI semakin unggul. (humas).

Leave a Reply