Home Program Studi Mekatronika

Mekatronika

Article Index
Mekatronika
Tenaga Pengajar
Laboratorium
Kurikulum
Sekretariat
All Pages

Apa itu Mekatronika ?

Mekatronika adalah suatu disiplin ilmu teknik yang mengkombinasikan sinergi dari teknik mesin, elektronika, teknik komputer yang seluruhnya diintegrasikan untuk melakukan perancangan produk. Keterkaitan disiplin ilmu yang terlibat dalam mekatronika tersebut diatas adalah teknik mesin dengan teknik elektro menghasilkan elektro mekanik, teknik mesin dengan teknik komputer menghasilkan software mesin dan teknik elektro dengan teknik komputer menghasilkan software elektro. Semua produk-produk modern saat ini yang ada dipasaran dibuat dengan latar belakang dari disiplin ilmu tersebut diatas. Dalam upaya untuk menunjang kebutuhan disiplin ilmu tersebut, maka Institut Teknologi Indonesia (ITI) menyelenggarakan program pendidikan diploma-III Mekatronika.

Visi ;

Menjadi Program Studi yang mampu menghasilkan lulusan Ahli Madya Mekatronika yang lebih unggul dari Program Studi Mekatronika lain yang ada di Indonesia pada tahun 2015

Misi :

  1. Mengelola program pendidikan dan pengajaran untuk menghasilkan Ahli Madya dan tenaga ahli di bidang Mekatronika yang berjiwa entrepreneur dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.
  2. Mengelola program penelitian terapan di bidang Mekatronika yang memberikan nilai tambah secara nyata terhadap peningkatan mutu, produktivitas dan daya saing industri serta kualitas kehidupan bangsa.
  3. Mengelola program pengabdian dan pemberdayaan masyarakat oleh dosen dan mahasiswa Mekatronika untuk meningkatkan taraf kesejahteraan dan martabat masyarakat, bangsa dan negara.
  4. Melakukan upaya pembentukan nilai secara terus menerus melalui pembinaan kelembagaan dan tata kerja yang berorientasi pada pengembangan kompetensi dan penguatan integritas insani.

Tujuan :

  1. Menghasilkan Ahli Madya Mekatronika yang memiliki kepribadian unggul, handal, terampil dan professional serta berdaya saing global yang turut serta memberikan kontribusi dalam memecahkan permasalahan aktual bangsa serta mampu memberdayakan masyarakat untuk menciptakan lapangan pekerjaan.
  2. Menghasilkan Sumber Daya Manusia yang berwawasan lingkungan, tangguh dan kreatif serta siap mengisi kebutuhan Industri yang meliputi bidang Teknik Mesin, Elektroteknik dan Ilmu komputer, teknologi informasi dan komunikasi.
  3. Menghasilkan Ahli Madya Mekatronika yang mampu memilih dan menggunakan teknik dan alat identifikasi masalah, formulasi, analisis dan pengambilan keputusan yang tepat dalam menjalankan praktek profesi Mekatronika.
  4. Menghasilkan Ahli Madya Mekatronika yang mampu belajar, beradaptasi, berkomunikasi secara efektif dan bekerjasama dalam kelompok yang bersifat multi disiplin, serta berjiwa wirausaha.
  5. Menghasilkan Ahli Madya Mekatronika yang mampu memajukan, mengembangkan, dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang Mekatronika dan teknologi informasi serta komunikasi untuk meningkatkan daya saing industri dan mencerdaskan kehidupan bangsa.

 

 

Sasaran :

Sasaran Program Studi adalah menghasilkan Ahli Madya Mekatronika yang berjiwa wirausaha, berkepribadian unggul, cerdas secara spiritual, intelektual dan emosional sehingga mampu mengembangkan diri dan hidup mandiri serta memiliki kompetensi yang handal dalam bidang Mekatronika.

Kompetensi Lulusan :

  1. Mampu mengadaptasi diri dengan baik sebagai Ahli Madya dlam Mekatronika serta Teknologi Informasi dan Komunikasi.
  2. Mampu merawat dan memperbaiki (Trouble-shooting) system mekatronika pada lingkungan di mana mereka bekerja.
  3. Mampu menginovasi melalui meniru system-sistem mekatronika pada lingkungan mereka bekerja.

 

Program D3 mekatronika ITI bekerja sama juga dengan lembaga pendidikan tinggi lain, lembaga penelitian, dan industri untuk bersama-sama menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan kejuruan seperti : SWISS GERMAN UNIVERSITY (SGU) - ASIA, ITB, UI, ITS, Moscow University of Services (MSUS) Rusia, Technical University Delft, BATAN, PUSPIPTEK, Mannheim University of Applied Sciences, Bumi Derpong Damai, Technical University Berlin, BPPT, PT Industri Telekomunikasi Indonesia, Pemerintah Provinsi Banten, LIA, dan lain-lain.



 

Latest Discussion

Random Pictures

dsc_1310
Image Detail
Kampus ITI
Jl. Raya Puspiptek
Serpong, Tangerang
Banten 15320
Telepon / Fax: (62) 021 7561102

Kalender Akademik

No events

Login Form

Info Lokasi