Technopex 2022 – Kebijakan, Tantangan Dan Strategi Pemanfaatan Energi Baru Terbarukan Untuk Mendukung Ketahanan Energi Nasional

Institut Teknologi Indonesia > Webinar > Seminar Nasional > Technopex 2022 – Kebijakan, Tantangan Dan Strategi Pemanfaatan Energi Baru Terbarukan Untuk Mendukung Ketahanan Energi Nasional

Tangerang Selatan (Rabu, 26 Oktober 2022) – SEMNAS Technopex merupakan Seminar Nasional rutin tahunan yang diinisiasi Pusat Riset dan Pengabdian Kepada Masyarakat Institut Teknologi Indonesia (PRPM ITI).

SEMNAS Techopex 2022

SEMNAS Techopex 2022 merupakan seminar nasional ke-5 yang diselenggarakan secara virtual mengusung tema “Kebijakan, Tantangan dan Strategi Pemanfaatan Energi Baru Terbarukan untuk Mendukung Ketahanan Energi Nasional” yang diikuti oleh 132 peserta dari 25 Perguruan Tinggi se-Indonesia dengan 8 (delapan) cakupan topik artikel pada bidang energi baru terbarukan, seperti: 1.) Pangan; 2.) Energi; 3.) Lingkungan; 4.) Manajemen Industri; 5.) Ilmu & Teknik Material; 6.) Infrastruktur & Pemukiman; 7.) Teknologi Informasi & Komunikasi; dan 8.) Hasil Program Pengabdian Masyarakat.

Pembicara Semnas Technopex 2022

SEMNAS Technopex 2022 menghadirkan beberapa narasumber atau pembicara yang akan memberikan pemaparan seputar energi baru terbarukan yang dibagi menjadi 4 (empat) sesi pemaparan yang dimoderatori oleh Ir. Jones Victor Tuapetel, ST., MT., Ph.D., IPM., ASEAN Eng selaku Kepala Program Studi Teknik Mesin Institut Teknologi Indonesia. Sesi pertama pemaparan berjudul “Kebijakan, Tantangan dan Strategi Pemanfaatan Energi Baru Terbarukan untuk Mendukung Ketahanan Energi Nasional” yang dipresentasikan oleh Dr. Ir. Dadan Kusdiana, M.Sc selaku Direktur Jenderal (Dirjen) Energi Baru Terbarukan Kementerian ESDM.

Sesi kedua pemaparan berjudul “Pengembangan Teknologi Produksi Hidrogen Secara Fotokatalisis” yang dipresentasikan oleh Dr. Ir. Ratnawati M.Eng.Sc., IPM selaku Dosen Teknik Kimia Institut Teknologi Indonesia. Sesi ketiga pemaparan berjudul “Implementasi dan Kendala Pemanfaatan Energi Baru Terbarukan” yang dipresentasikan oleh Warsono, ST.,S.Mn., M.Phil., IPU selaku Executive Vice President (EVP) Perencanaan Sistem Kelistrikan PT. PLN (Persero). Sesi keempat pemaparan berjudul “Pengembangan Sistem Solar PV dalam Upaya Mendukung Government Ambition” yang dipresentasikan oleh Fanda Soesilo selaku CEO of SUNterra & SUN Mobility.

 

Semnas Technopex 2022Prof. Dr. Ir. Joelianingsih, MT selaku Ketua Panitia SEMNAS Technopex 2022 sekaligus Kepala Pusat Riset dan Pengabdian Kepada Masyarakat Institut Teknologi Indonesia di dalam sambutannya menyampaikan bahwa “SEMNAS Technopex merupakan seminar nasional secara rutin diadakan setiap tahunnya yang diinisiasi oleh PRPM ITI yang dimana di dalamnya terdapat 10 bidang unggulan. Kegiatan ini merupakan kegiatan yang positif dan diharapkan menjadi ajang bertukar informasi dan dapat saling meningkatkan kualitas hasil penelitian kita”.

 

Semnas Technopex 2022Dr. Ir. Marzan Aziz Iskandar, IPU., ASEAN Eng selaku Rektor Institut Teknologi Indonesia di dalam sambutannya menyampaikan bahwa “Indonesia saat ini tidak hanya merumuskan maupun menetapkan beberapa target dalam upaya untuk tetap dapat mempertahankan ketahanan energi tetapi juga dapat mengejar target secara nasional yang telah dideklarasikan sebagai negara yang akan mencapai net zero carbon emissions di tahun 2060 yang merupakan tantangan yang besar sehingga diperlukan melibatkan banyak pihak”. Tema yang diusung pada SEMNAS Technopex 2022 ini merupakan kegiatan yang memiliki korelasi dengan mendukung komitmen Indonesia sebagai negara yang akan mencapai net zero carbon emission tersebut.

SEMNAS Technopex 2022 disponsori oleh PT. Pilar Ardi Industi, Pilar Beton, PT. Pilar Dikara Ayu dan SUN TERRA dan didukung oleh Universitas Pamulang (UNPAM), Universitas Atma Jaya dan Swiss German University (SGU). Seluruh kegiatan acara SEMNAS Technopex dapat diakses melalui official YouTube Channel Institut Teknologi Indonesia dan artikel yang telah disubmit pada Technopex 2022 ini akan dipublikasikan pada Prosiding Seminar Nasional e-ISSN: 2654-489X dan beberapa artikel terpilih akan diterbitkan pada jurnal-jurnal terindeks SINTA 3 sampai dengan SINTA 5 dan Google Scholar.

Leave a Reply