English EN Indonesian ID
English EN Indonesian ID

Selamat Datang Anak-Anakku Mahasiswa Baru ITI TA 2021/2022

Institut Teknologi Indonesia > Pojok Rektor > Selamat Datang Anak-Anakku Mahasiswa Baru ITI TA 2021/2022

SAMBUTAN REKTOR

Dalam Sidang Terbuka Senat Institut Teknologi Indonesia

dalam rangka penerimaan mahasiswa baru tahun akademik 2020/2021

Kampus ITI, 16 September 2020

Assalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh,

Yang saya muliakan

Saudara Ketua Senat dan para anggota Senat Institut Teknologi Indonesia,

Yang saya hormati

Ibu Bapak dan Saudara-saudara para undangan Sidang Terbuka Senat Institut Teknologi Indonesia, khususnya Ibu dan Bapak Pimpinan Perguruan Tinggi peserta Pertukaran Mahasiswa Merdeka Dalam Negeri hasil seleksi oleh  Kemdikbudristek, baik yang mahasiswanya terpilih ditempatkan belajar di Institut Teknologi Indonesia maupun yang terpilih untuk menerima penempatan belajar mahasiswa ITI,

Para Mahasiswa Penerima Penghargaan,

Hadirin sekalian yang berbahagia,

Yang teristimewa yang saya cintai dan saya banggakan, anak-anakku, para mahasiswa baru Institut Teknologi Indonesia TA 2021/2022.

Pertama-tama marilah kita panjatkan puji dan syukur ke hadirat Allah SWT Tuhan YME,  karena atas limpahan rahmat dan ridhoNya, pada hari ini kita semua dapat menghadiri Sidang Senat Terbuka Institut Teknologi Indonesia  dalam rangka penerimaan mahasiswa baru ITI tahun akademik 2021/2022, dalam keadaan sehat walafiat, tidak kurang suatu apapun juga. Selamat datang di Kampus Institut Teknologi Indonesia, The Green Campus, kampus relijius dan kampus para Teknopreneur.

Ibu, Bapak dan hadirin yang saya hormati,

Sidang Senat Terbuka dalam rangka dalam rangka penerimaan mahasiswa baru tahun akademik 2021/2022 ini diselenggarakan di tengah wabah Pandemi Covid-19 yang masih belum berakhir, termasuk di Kota Tangerang Selatan, tempat kampus yang kita cintai ini berada. Di tengah pandemi covid-19 yang masih belum berakhir ini, marilah kita saling mendoakan semoga kita semua senantiasa dalam keadaan sehat walafiat, dan bagi saudara, sahabat dan rekan kita yang sedang sakit semoga segera sehat kembali. Serta tidak lupa, bagi saudara, keluarga, kerabat, sahabat serta rekan kita yang telah berpulang mendahului kita, kita doakan semoga mendapatkan tempat yang terbaik di sisi Tuhan YME.

Aamiin YRA.

Dalam rangka melaksanakan protokol pencegahan penularan Covid-19 itu pula, maka acara Sidang Senat Terbuka untuk menerima mahasiswa baru ITI kali ini masih diselenggarakan seperti tahun yll. Penyelenggaraannya  dilakukan secara kobinasi atau hibrid, secara luring berlokasi  di Aula Gedung G Kampus ITI dan dengan peserta yang hadir langsung dibatasi masing-masing 2 orang mahasiswa dari setiap Program Studi. Mahasiswa baru lainnya mengikuti acara ini secara daring (on-line) dari berbagai lokasi dimana mereka berada, menggunakan sarana teknologi informasi yang tersedia. Setelah selesai sidang senat ini, mahasiswa baru akan mengikuti rangkaian acara Pengenalan Kehidupan Kampus (PKKMB) yang juga diselenggarakan secara on-line. Mudah-mudahan penyelenggaraan ini tidak mengurangi arti dan kekhidmatan serta kesan yang baik, bahkan semoga acara hari ini menjadi kenangan yang istimewa bagi segenap mahasiswa baru dan undangan yang mengikutinya.

Dalam kesempatan acara hari ini juga akan diserahkan penghargaan kepada mahasiswa-mahasiswa ITI yang berprestasi. Untuk itu, saya mengucapkan selamat. Semoga ke depan terus berlanjut mengukir prestasi-prestasi baru, dan semoga prestasi kalian menjadi inspirasi bagi adik-adik mahasiswa baru.

Ibu, Bapak dan hadirin yang saya hormati,

Pada tahun 2021/2022 ini ITI merencanakan menerima 500 orang mahasiswa baru program reguler dan sekitar 150 mahasiswa baru program paralel kelas karyawan. Jika dijumlahkan dengan 2.796 orang mahasiswa tahun-tahun sebelumnya, maka student body ITI berjumlah sekitar 3.400 orang. Jumlah ini cukup ideal bagi ITI untuk menyelenggarakan program tridarma perguruan tinggi, yaitu pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat secara maksimal untuk menghasilkan lulusan berkompeten dan kompetitif di tengah masyarakat.

Ibu, Bapak dan hadirin yang saya hormati,

Dalam kesempatan yang baik ini, ijinkanlah saya selaku pimpinan ITI memberikan wejangan kepada segenap mahasiswa baru sekalian.

Anak-anakku mahasiswa baru ITI,

Pertama-tama saya ingin memperkenalkan ITI. ITI didirikan oleh pendirinya, almarhum Prof. Dr-Ing. BJ Habibie, dengan tujuan untuk mendidik SDM putra-putri Bangsa Indonesia yang menguasai Iptek dan menerapkannya untuk pembangunan bangsa Indonesia. Itulah sebabnya ITI berlokasi di kawasan PUSPIPTEK, dan kampus ini diharapkan menjadi bagian dari kawasan National ST Park. Sejak awal berdirinya pada tahun 1984, ITI telah menghasilkan 12.350 lebih alumni yang berkiprah dalam berbagai lapangan pekerjaan. Mereka, kakak-kakak kalian, ikut mengharumkan nama ITI. Semoga kelak kalian juga dapat mengikuti jejak dan kisah sukses para senior tersebut mengharumkan nama ITI, almamater kalian.

Anak-anakku mahasiswa baru ITI,

Dalam pidato sambutan Mendikbud tadi, dinyatakan bahwa kita dalam proses transformasi kebijakan menuju kampus merdeka. Dalam kebijakan ini, mahasiswa dapat mengambil SKS di luar Perguruan Tinggi 3 semester (setara 60 kredit) untuk 8 kegiatan pembelajaran di luar kampus. Ini merupakan peluang bagi kalian untuk mengeksplor minat dan potensi yang kalian miliki, tanpa dibatasi jumlah dan jenis mata kuliah yang disediakan oleh Prodi kalian masing-masing. Mudah-mudahan pelaksanaan program merdeka belajar-kampus merdeka dapat kalian manfaatkan untuk belajar dan menguasai hal-hal yang benar-benar sesuai dengan minat dan potensi kalian.

Pada tahun ini untuk pertama kali diselenggarakan PROGRAM PERTUKARAN MAHASISWA MERDEKA DALAM NEGERI (PROGRAM PMM-DN)-MERDEKA BELAJAR KAMPUS MERDEKA.

Program ini merupakan program Kampus Merdeka yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi. Pertukaran Mahasiswa Merdeka Dalam Negeri (PMM-DN) adalah pertukaran mahasiswa antar pulau selama 1 semester yang akan memberikan pengalaman kebinekaan nusantara dan sistem alih kredit antar perguruan tinggi setara 20 SKS. Tujuan dari program PMM-DN adalah :

  1. Mengembangkan kemampuan kepemimpinan dan softskill mahasiswa agar mampu berbaur dengan beragam latar belakang untuk meningkatkan nilai persatuan dan nasionalisme
  2. Memberikan pengalaman belajar di perguruan tinggi lain melalui sistem alih kredit untuk memperkuat dan memperluas kompetensi
  3. Memberikan pengalaman kebinekaan melalui kegiatan sosial kemasyarakatan Modul Nusantara yang meliputi kegiatan kebinekaan, inspirasi, refleksi dan kontribusi sosial

Program PMM-DN angkatan 1 tahun 2021 terdiri dari 3 skema

  1. Skema 1 : 20 SKS mata kuliah ditempuh di PT tujuan
  2. Skema 2 : 10 SKS mata kuliah ditempuh di PT tujuan dan 10 SKS mata kuliah ditempuh di PT asal
  3. Skema 3: 10 SKS mata kuliah ditempuh di PT tujuan, 10 SKS mata kuliah tersebar di PT asal dan PT mitra dimana di PT mitra , mahasiswa memilih mata kuliah daring dari PT lain melalui platform SPADA-DIKTI

Institut Teknologi Indonesia ikut berpartisipasi dalam Program PMM-DN dengan rincian sebagai berikut :

  1. ITI menerima penempatan 14 mahasiswa dari PT lain (luar P. Jawa)

Yaitu: dari Univ Halu Oleo (1), Mulawarman (7), Nusa Cendana (1) Muh. Kupang (1), Muh Kaltim (2) dan Pendidikan Ganesha (2)

No Nama Perguruan Tinggi
1.1 Herman Setiawan. Universitas Mulawarman
1.2 Muhammad Ridi Syahputra. Universitas Mulawarman
1.3 Nanda Rahma Hayuningtias Sutikno. Universitas Mulawarman
1.4 Muhammad Akmal

Ramadhani.

Universitas Mulawarman
1.5 Bugi Sulistiyo. Universitas Mulawarman
1.6 Hilal Fadlillah. Universitas Mulawarman
1.7 Muhamad Atha Atsir Rafid. Universitas Mulawarman
1.8 Aprilianto. Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
1.9 A. Irfandi. Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
1.10 I. Gede Krishna Adi. Universitas Pendidikan Ganesha
1.11 I Gusti Ngurah Surya Ardika Dinataputra. Universitas Pendidikan Ganesha
1.12 Wa Ode Harni. Universitas Halu Oleo
1.13 Lindiyani Bahrudin. Universitas Nusa Cendana
1.14 Nurhidayati. Universitas Muhammadiyah Kupang
  1. PT lain (luar P. Jawa) menerima penempatan 12 mahasiswa dari ITI

Yaitu: ke Univ Udayana (5), Islam Al Azhar (1), Nusa Cendana (2), STIKOM Bali (2) dan Pendidikan Ganesha (2).

No Nama Program Studi Perguruan Tinggi Penerima
5.1 ADHIRISDIYANTO. Teknik Kimia Univ. Udayana
5.2 DIMAS WAHYU ILLAHI. Teknik Mesin Univ. Udayana
5.3 FARHAN RAMADHAN. Teknik Mesin Univ. Udayana
5.4 ALIFAH SUFI SYAWALANI. Teknik Kimia Univ. Udayana
5.5 ANDRIAN RUSTANDI. Teknik Mesin Univ. Udayana
5.6 ANGGI RAHMADHENI. Teknik Kimia Univ. Nusa Cendana
5.7 HANIF DWI RAHMANDA. Teknik Mesin Univ. Nusa Cendana
5.8 RIZKI AYUMUSTIKO. Teknik Kimia STIKOM Bali
5.9 ETI SOLEKHATI. Teknik Kimia STIKOM Bali
5.10 DIAN AYU SAPUTRI. Teknik Kimia Univ. Pendidikan Ganesha
5.11 IMANUEL ZAI. Teknik Mesin Univ. Pendidikan Ganesha
5.12 ADHI MAULANA YUSUF. Teknik Kimia Univ. Islam Al Azhar
  1. Terdapat 3 mata kuliah daring SPADA-DIKTI yang ditawarkan oleh ITI dan dipilih oleh mahasiswa dari Luar P.Jawa dengan rincian sebagai berikut :
  • Mata Kuliah Bio Teknologi Proses (dari Prodi Teknologi Industri Pertanian) dipilih oleh 16 mahasiswa

Yaitu dari Univ Pendidikan Ganesha (2), Unsyiah (3), Muh Sidoarjo (1) Surakarta (1), Halu Oleo (5), Kristen Duta Wacana (1), Nusa Cendana (1), Pasundan (1).

No Nama Perguruan Tinggi
2.1 Haerullah Husain. Universitas Halu Oleo
2.2 Ikhtiana Annisa. Universitas Halu Oleo
2.3 Wa Ode Asmiani. Universitas Halu Oleo
2.4 Sulistina Cahayani. Universitas Halu Oleo
2.5 LA ODE SATRIAWAN Universitas Halu Oleo
2.6 NONA AGUSTRIA. Universitas Syiah Kuala
2.7 Muhammad Rafi Akbar. Universitas Syiah Kuala
2.8 Salmiah. Universitas Syiah Kuala
2.9 Yudatami Sekar Tiara. Universitas Pendidikan Ganesha
2.10 Noval Tauhid Hidayatullah. Universitas Pendidikan Ganesha
2.11 VANDHA NITA ARDIYANTI Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
2.12 MUNITYA ANJALYA PERTIWI Universitas Muhammadiyah Surakarta
2.13 TRI WAHYUNI SEKAR SARI. Universitas Kristen Duta Wacana
2.14 PAULA FLORA. Universitas Nusa Cendana
2.15 RIZKA AULIA NASIR Universitas Hasanuddin
2.16 MUHAMMAD SYAMAIDZAR AL-GITHRIF Universitas Pasundan
  • Mata Kuliah Metalurgi Fisik (dari Prodi Teknik Mesin) dipilih oleh 10 mahasiswa

Yaitu: Univ Samudra (1), Halu Oleo (3), Merdeka Malang (1) dabNusa Cendana (2)

No Nama Perguruan Tinggi
3.1 Lysandra Dimitry Nggadas. Universitas Nusa Cendana
3.2 Alfonsus Rodrikuens Kefi. Universitas Nusa Cendana
3.3 Elias Yulianus Tae. Universitas Nusa Cendana
3.4 Megi  Mervilia Silkati. Universitas Nusa Cendana
3.5 KEPIN PALAN. Universitas Halu Oleo
3.6 IRFAN MAULANA. Universitas Halu Oleo
3.7 KASPAR BUNGA ADA. Universitas Halu Oleo
3.8 MUHAMMAD RIDHO Universitas Samudra
3.9 MHD RAQHIL HALIM VIZAR. Universitas Samudra
3.10 FUAD NUR HAMZAH. Universitas Merdeka Malang
  • Mata Kuliah Pengembangan Pariwisata (dari Prodi PWK) dipilih oleh 7 mahasiswa

Yaitu: Univ PGRI Adi Buana (1), Unsyiah (3), Institut Ilmu Sosial & Manajemen STIAMI (2) dan Institut Teknologi Kalimantan (1).

No Nama Perguruan Tinggi
4.1 NANDA RIZKIA Universitas Syiah Kuala
4.2 SULTAN FATURRAHMAN PASHA Universitas Syiah Kuala
4.3 PUTRI WAHYUNA Universitas Syiah Kuala
4.4 REZA AULIA MAULANA. Institut Ilmu Sosial dan Manajemen STIAMI
4.5 FATIHA RAHADIAN AMELIANI MASRIDA. Institut Ilmu Sosial dan Manajemen STIAMI.
4.6 DEWI SWARA Universitas PGRI Adi Buana
4.7 Dini Arianti Institut Teknologi Kalimantan.

Bersama ini kami menyambut dengan baik kehadiran dan partisipasi para peserta PMM-DN dari luar ITI yang telah melewati seleksi oleh  Kemdikbudristek sehingga terpilih ditempatkan belajar di Institut Teknologi Indonesia. Pada kesempatan ini, kami juga menitipkan mahasiswa kami kepada perguruan tinggi yang menerima penempatan mahasiswa ITI.

ITI telah melaksanakan Program MBKM sejak diluncurkan pertama kali tahun 2020 yang lalu. ITI berkomitmen untuk melaksanakan Program MBKM sebaik mungkin dan akan melibatkan mahasiswa sebanyak mungkin. Hal ini kami lakukan, karena kami yakin bahwa MBKM merupakan program yang sangat tepat untuk mengetahui sedini mungkin minat dan bakat mahasiswa serta menyalurkannya ke tempat yang paling sesuai. Kami berkeyakinan bahwa lapangan pekerjaan dan profesi yang dapat dimasuki oleh mahasiswa sangat banyak dan jumlahnya akan terus bertambah di masa yang akan datang. Karena itu tidak ada satu perguruan tinggi manapun yang dapat memenuhi kemungkinan minat, bakat dan passion semua mahasiswanya. Oleh karena itulah dengan MBKM, mahasiswa diberikan hak untuk memilih sendiri matakuliah dan pembelajaran yang diinginkan selama 3 semester atau setara 60 SKS. Kami yakin, bahwa dengan cara ini setiap lulusan PT akan lebih siap terjun ke masyarakat dan memberikan kontribusi yang lebih besar untuk kemajuan dan kemandirian bangsa Indonesia. Kampus Merdeka untuk Merajut Masa Depan Bangsa yang Gemilang.

Anak-anakku mahasiswa baru ITI,

Kampus ITI yang anak-anakku pilih sebagai tempat belajar ini memiliki keunikan sebagai Technology based Enterpreneur University. Artinya kampus ini tidak ingin sekedar meluluskan para pencari kerja, melainkan lebih utama lulusan yang mampu menciptakan lapangan kerja, lebih khusus lagi lapangan kerja di bidang teknologi dan industri. Disini disediakan fasilitas dan dukungan untuk mulai belajar bisnis, seperti unit kerja Pusat Inovasi dan Inkubasi Bisnis (PI2B) yang melaksanakan program mendorong inovasi dan menghasilkan perusahaan baru berbasis teknologi (start ups). Selain itu ada juga unit kegiatan tentang pengenalan pasar modal, HIPMI-ITI, koperasi dan sebagainya. Saya menyarankan kepada kalian untuk mengenali kegiatan bisnis berbasis teknologi tersebut dan mulai mempraktekkannya sesuai dengan kondisi dan kemampuan masing-masing.

Anak-anakku mahasiswa baru ITI,

Kampus bukanlah sekedar tempat kalian belajar menuntut ilmu pengetahuan dan teknologi. Kampus juga merupakan tempat pembentukan karakter yang menjadi lingkungan bagi kalian dalam menjalani fase kehidupan baru dalam menemukan jati diri. Kampus juga adalah tempat kalian bersosialisasi, memupuk pertemanan, persahabatan dan melatih kerja sama. Di samping itu, kampus adalah tempat kalian bermain, menyalurkan minat dan bakat kalian. Manfaatkanlah semua sarana dan fasilitas yang ada di kampus ini. Nikmatilah masa kehidupan kemahasiswaan secara utuh, karena ini merupakan masa yang unik yang mungkin tidak akan kalian temukan lagi setelah kalian lulus nanti.

Anak-anakku mahasiswa baru ITI,

Hubungan kekeluargaan di kampus ini harus dipupuk dengan baik. Diantara kalian sesama mahasiswa baru angkatan 2021 harus terjalin rasa kebersamaan dan solidaritas serta empati. Selain itu hubungan dengan para senior juga harus dijalin atas dasar kekeluargaan. Kalian harus menghormati senior kalian dan sebaliknya senior juga akan menyayangi kalian sebagai adik-adik mereka sendiri. Mahasiswa baru, mahasiswa senior, dosen, tendik dan alumni,  kita semua adalah keluarga besar ITI. Sebagai keluarga, hubungan kita semua tidak akan berakhir sekedar sampai kalian lulus, melainkan terus berlanjut setelah kalian menjadi alumni, bahkan mungkin sampai akhir hayat kita.

Anak-anakku mahasiswa baru ITI,

Kita sedang memasuki era baru, era dimana sejumlah kebiasaan kita di masa sebelumnya harus kita tinggalkan dan sejumlah hal yang sebelumnya mungkin belum pernah kita alami, harus kita jalani. Pandemi Covid-19 telah memaksa kita untuk berubah dalam hampir semua aspek kehidupan, termasuk pendidikan. Pada mulanya kita sulit menyesuaikan diri dengan perubahan ini, tetapi kemudian kita menjadi terbiasa dan selanjutnya akan segera lahir berbagai inovasi baru sebagai solusi dari berbagai kesulitan dan ancaman yang kita hadapi. Boleh jadi kalian termasuk diantara para inovator di era baru ini.

Sebagai penutup,

Perkenankanlah saya atas nama sivitas akademika Institut Teknologi Indonesia sekali lagi menyampaikan selamat datang dan selamat bergabung di kampus ITI kepada seluruh mahasiswa baru. Selamat mengikuti rangkaian acara Pengenalan Kehidupan Kampus (PKKMB). Raihlah cita-cita kalian melalui kampus ini.

Saya juga menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada seluruh anggota panitia penyelenggara, para mahasiswa, dan Unit Kegiatan Mahasiswa yang telah membantu, sehingga seluruh rangkaian acara Sidang Senat Terbuka ini dapat terselenggara dengan tertib, lancar dan khidmat. Semoga Allah SWT senantiasa meridhoi dan memberkati kita semua, aamiin YRA.

Sekianlah yang dapat saya sampaikan, mohon maaf jika ada kata-kata yang salah atau kurang berkenan dihati Ibu, Bapak dan Saudara sekalian.

Wabillahi taufiq walhidayah,

Wassalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh.

Tangerang Selatan, 16 September 2021.

Dr. Ir. Marzan A. Iskandar, IPU

Rektor  ITI

Leave a Reply