English EN Indonesian ID
English EN Indonesian ID

Sambutan Rektor Pada Wisuda Sarjana & Ahli Madya Semester Genap 2021/2022

Institut Teknologi Indonesia > Pojok Rektor > Sambutan Rektor Pada Wisuda Sarjana & Ahli Madya Semester Genap 2021/2022

Assalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh,
Yang saya muliakan

Saudara Ketua Senat dan para anggota Senat Institut Teknologi Indonesia, Ketua Umum Pengurus Yayasan Pengembangan Teknologi Indonesia beserta jajarannya, Ketua Umum Pengurus Pusat Insinyur Indonesia atau yang mewakili, Ibu dan Bapak para orang tua wisudawan,parapenyandang dana bea siswa dan para mitra Institut Teknologi Indonesia,

Yang saya hormati
Para pimpinan, para Ketua Program Studi serta rekan-rekan dosen dan tenaga kependidikan Institut Teknologi Indonesia, dan Yang teristimewa yang saya cintai dan saya banggakan para wisudawan Institut Teknologi Indonesia, serta Para undangan dan hadirin sekalian yang berbahagia, Pertama-tama marilah kita panjatkan puji dan syukur ke hadirat Allah SWT Tuhan YME, karena atas limpahan rahmat dan ridhoNya, pada hari ini kita semua dapat menghadiri Sidang Senat Terbuka Institut Teknologi Indonesia dalam rangka Wisuda Semester Genap TA 2021/2022, dalam keadaan sehat wal’afiat, tidak kurang suatu apapun juga. Kepada semua tamu undangan yang hadir dalam acara ini, saya ucapkan terima kasih dan penghargaan, disertai harapan, semoga silaturrahmi dan kerja sama kita semakin erat dan mendatangkan manfaat bagi kita semua.

Ibu, Bapak dan hadirin yang saya hormati,
Sidang Senat Terbuka dalam rangka wisuda Semester Genap 2021/2022 ini dilaksanakan secara luring untuk pertama kali sejak merebaknya pandemi covid 19 pada awal tahun 2020 yang lalu. Hal ini dimungkinkan sehubungan dengan semakin menurunnya status PPKM di Indonesia, khususnya di Tangerang Selatan, yaitu pada saat ini sudah pada status level 2. Pelaksanaan wisuda secara luring ini diharapkan dapat memberikan suasana hidmat dan kesan yang mendalam bagi seluruh wisudawan. Kami memaklumi sepenuhnya bahwa prosesi wisuda secara luring bagi sebagian besar putra-putri kita yang telah berhasil menyelesaikan pendidikannya merupakan acara yang sangat dinantikan dan diharapkan sebagai salah satu kenangan terindah masa studi di almamater kampus ITI tercinta.

Tentu saja acara ini dilaksanakan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan, dengan seluruh wisudawan dan peserta yang hadir dalam sidang senat terbuka ini sudah divaksinasi covid minimal sampai vaksin yang kedua. Dengan pertimbangan protokol kesehatan ini pula, maka acara wisuda kali ini dilaksanakan dalam 2 hari, yaitu Sabtu dan Minggu, 21 dan22 Mei 2022.

Ibu, Bapak dan hadirin yang saya hormati,
Selanjutnya ijinkanlah saya menyampaikan statistik lulusan Institut Teknologi Indonesiapada semester genap 2020/2021 ini. Jumlah lulusan semester genap 2020/2021 sebanyak 263 orang dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) rata-rata 3,12 dan lama studi rata-rata 5 tahun dengan lulusan tercepat diraih dalam 4 tahun. Selanjutnya, jumlah lulusan semester ganjil 2021/2022 sebanyak 110 orang dengan IPK rata-rata 3,05 dan lama studi rata-rata 5,5 tahun dengan lulusan tercepat diraih dalam 3,5 tahun. Wisuda pada hari Sabtu 21 Mei 2022 diikuti oleh 155 wisudawan dari Prodi Teknik Elektro sebanyak 29 orang, Teknik Mesin 38 orang, Teknik Industri 54 orang, Teknik Kimia 27 orang dan Otomotif 7 orang. Dari wisudawan ini, 28 orang diantaranya merupakan lulusan terbaik. Prestasi lulusan terbaik dengan predikat summa cumlaude diraih oleh 2 mahasiswa, magna cumlaude 13 mahasiswa dan cumlaude 13 mahasiswa. Predikat summa cumlaude dengan IPK tertinggi 3,84 diraih oleh ananda Edelwys Deisramiranda Surya, NIM 1121600053 dari Program Studi Teknik Mesin. Predikat summa cumlaude berikutnya dengan IPK 3,81 diraih oleh ananda Elvando Wijaya Putra, NIM 1141700026 dari Program Studi Teknik Kimia.

Wisuda pada hari Minggu 22 Mei 2022 diikuti oleh 154 wisudawan dari Prodi Informatika 44 orang, Teknik Sipil 38 orang, Arsitektur 27 orang, Perencanaan Wilayah dan Kota 8 orang, Teknologi Industri Pertanian 26 orang dan Manajemen dengan 15 orang diantaranya merupakan lulusan terbaik. Prestasi lulusan terbaik dengan predikat magna cumlaude diraih oleh 6 mahasiswa dan cumlaude 5 mahasiswa. Predikat magna cumlaude dengan IPK tertinggi 3,78 diraih oleh 2 orang, yaitu (1) ananda Muhammad Afif Baihaqi, NIM 1151800052 dari Program Studi Teknik Informatika; dan (2) ananda Gilang Pangruktiardhi Wastanu, NIM 1221700025 dari Program Studi Arsitektur.

Kepada ananda yang berhasil meraih prestasi sebagai lulusan terbaik, saya ucapkan selamat, selamat atas prestasi luar biasa yang telah dicapai, semoga sukses ini berlanjut dalam karya dan karir selanjutnya. Teruslah berprestasi, harumkan nama keluarga, almamater dan bangsa Indonesia sebagai amal ibadah kepada Allah SWT Tuhan YME. Kepada segenap wisudawan lainnya, saya juga mengucapkan selamat atas kelulusan ananda semua dari kampus tercinta ini, semoga semua yang telah diperoleh selama belajar di sini bermanfaat sebagai bekal dalam berjuang dan berkaryadi tengah-tengah masyarakat. Kami yakin, ananda semua akan menjadi bagian dari solusi dari berbagai permasalahan di tengah masyarakat. Ananda Indraprasta Setyonadi dari Program Studi Teknik Kimia yang meraih predikat kelulusan magna cumlaude pada saatnya nanti akan menyampaikan pidato sambutan mewakili wisudawan pada tanggal 21 Mei 2022, sedangkan ananda Gilang Pangruktiardhi Wastanu, dari Program Studi
Arsitektur yang meraih predikat kelulusan magna cumlaude akan menyampaikan pidato
sambutan mewakili wisudawan pada tanggal 22 Mei 2022.

Ibu, Bapak dan hadirin yang saya hormati,
Dalam kesempatan yang baik ini, ijinkanlah saya selaku pimpinan ITI memberikan wejangan kepada segenap wisudawan sekalian. Ananda wisudawan sekalian, trend wabah pandemi Covid-19 yang telah berlangsung dua tahun lebih ini sudah mulai menurun, walaupun belum sepenuhnya berakhir. Oleh karena itu kita tetap harus terus waspada agar terhindar dari paparannya dengan tetap disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan.
Pandemi covid 19 telah menimbulkan berbagai dampak negatif dan kerugian yang luar biasa, mulai dari banyaknya  umlah korban yang meninggal dunia, biaya pengobatan dan vaksinasi sampai pada dampaknya dalam sektor perekonomian dan lain-lain. Di samping dampak kerugian yang sangat besar, pandemi ini juga memberikan pelajaran atau lesson learnt kepada kita tentang pentingnya menjaga kesehatan. Berbagai upaya kita lakukan untuk menjaga kesehatan kita, mulai dari menerapkan protokol kesehatan 5M: mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak, menjauhi kerumunan dan mengurangi mobilitas, sampai pada memenuhi kebutuhan gizi makanan, berolahraga serta beristirahat yang cukup. Ini merupakan gambaran utuh mengenai bagaimana seharusnya kita melaksanakan pola hidup sehat. Saya berpesan kepada ananda wisudawan sekalian untuk tetap mempertahankan pola hidup sehat seperti ini, walaupun tidak harus seketat seperti dalam suasana pandemi. Kesehatan merupakan hal yang utama dalam hidup kita. Jika badan kita sehat, maka jiwa kita juga akan sehat. Kata pepatah: mensana incorpore sano, dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang sehat pula.

Hal lainnya yang dapat kita tarik pelajaran semasa pandemi adalah dominasi peran teknologi digital dalam hampir semua aspek kehidupan kita. Kita menggunakan teknologi digital dalam belajar, rapat, seminar, berbelanja, di sektor transportasi, kesehatan, hiburan dsb., dan tentu saja termasuk dalam melaksanakan pekerjaan kita. Oleh karena itu, kemampuan ananda sekalian dalam memahami dan memanfaatkan teknologi digital harus terus ditingkatkan, agar terus dapat mengikuti perkembangannya yang sangat pesat. Saya memaklumi, bahwa ananda sekalian yang lahir dan besar di era teknologi digital, bahkan dapat disebut sebagai digital native, tentu lebih cepat beradaptasi dibandingkan generasi kami yang lebih senior. Tetapi saya perlu mengingatkan hal ini kepada ananda wisudawan semua, agar kualifikasi ananda dalam bekerja dan berkarya menjadi lebih baik lagi. Saya percaya, bahwa dengan dasar-dasar kuliah tentang teknologi digital yang ananda peroleh dari kampus kita tercinta ini, akan lebih memudahkan ananda dalam memahami, memanfaatkan, bahkan mengembangkan teknologi digital sesuai dengan kebutuhan pekerjaan, profesi dan kompetensi ananda masing-masing.

Yang terakhir, yang selalu saya sampaikan dalam pidato wisuda sarjana adalah tentang keberanian. Saya berpesan kepada ananda semua, jadilah para pemberani.Untuk itu lakukan perhitungan dengan cermat terhadap risiko keputusan yang akan kita ambil. Jangan pernah takut untuk mengambil risiko yang terukur, karena keberhasilan dan kemenangan adalah milik mereka yang berani. Setelah semua itu ananda laksanakan, serahkan segala sesuatunya kepada Allah SWT Tuhan Yang Maha Kuasa, yang dapat mengangkat derajat dan marwah ananda ke tempat yang tinggi dan mungkin tidak pernah ananda bayangkan sebelumnya. Buatlah almamater bangga atas prestasi ananda semua dan kami segenap sivitas akademika akan terus berupaya memperbaiki dan mengembangkan kampus ini menjadi kampus kebanggaan ananda semua. Demikianlah wejangan dari saya.Semoga Tuhan YME meridhoi semua yang kita lakukan dan cita-citakan.

Ibu, Bapak dan hadirin yang saya hormati,
Pelaksanaan sidang Senat Terbuka ITI kali ini,disamping dalam rangka wisuda sarjana ITI, juga sekaligus dalam rangka pengukuhan Guru Besar ITI. ITI sungguh bangga dan bahagia karena dalam tahun 2022 ini salah satu dosen kami berhasil meraih gelar Guru Besar dalam bidang Teknik Kimia, yaitu Prof. Dr. Ir. Joelianingsih, MSc. IPM. Pada saatnya nanti, Prof. Joelianingsih akan menyampaikan pidato pengukuhan Guru Besar dengan judul“Perkembangan dan Tantangan Pemanfaatan Biodiesel di Indonesia”. Kami berkomitmen untuk terus meningkatkan kualifikasi dosen sampai mencapai jabatan fungsional tertinggi agar kualitas penyelenggaraan tridharma perguruan tinggi di ITI juga meningkat, yang pada gilirannya menjadikan ITI sebagai salah satu perguruan tinggi teknik terbaik di Indonesia.

Sebagai penutup,
Perkenankanlah saya atas nama Institut Teknologi Indonesia sekali lagi menyampaikan selamat kepada seluruh wisudawan. Saya juga menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada semua Ketua Program Studi, para Pembimbing Tugas Akhir, para Penasihat Akademik, para dosen dan tenaga kependidikan ITI atas kerja keras dan kesabarannya. Juga kepada para pemberi beasiswa, yang telah membantu banyak mahasiswa ITI sampai lulus. Semoga Tuhan YME membalas budi baik Ibu, Bapak dan Saudara semua dengan imbalan yang
berlipat ganda. Terima kasih dan penghargaan juga saya sampaikan kepada para Alumni ITI, mitra kerja sama ITI, serta masyarakat sekitar kampus yang telah mendukung terlaksananya proses pembelajaran di ITI secara utuh, aman, nyaman dan kondusif.

Terima kasih dan penghargaan yang tinggi secara khusus saya sampaikan kepada Dirjen Diktiristek Kemdikbudristek, Kepala LLDIKTI Wilayah 3, para Pemangku Wilayah, Persatuan Insinyur Indonesia serta Yayasan Pengembangan Teknologi Indonesia atas segala dukungan, nasihat dan pengarahannya, sehingga misi pendidikan tinggi di ITI dapat dilaksanakan dengan lancar dan semakin baik.

Tidak lupa, saya sampaikan pula terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada seluruh anggota panitia penyelenggara, para mahasiswa, dan Unit Kegiatan Mahasiswa yang telah membantu, sehingga seluruh rangkaian acara Sidang Senat Terbuka ini dapat terselenggara dengan tertib, lancar dan khidmat. Semoga Allah SWT senantiasa meridhoi dan memberkati kita semua, Aamiin YRA. Sekianlah yang dapat saya sampaikan, mohon maaf jika ada kata-kata yang salah atau kurang berkenan dihati Ibu, Bapak dan Saudara sekalian.

Wabillahi taufiq walhidayah,
Wassalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh.

Tangerang Selatan, 21 Mei 2022.

Dr. Ir. Marzan A. Iskandar, IPU
Rektor ITI

Leave a Reply