Implementasi Kerjasama ITI 2023 : Serah Terima Alat Laboratorium dari PT. Maxon Prime Technology

Institut Teknologi Indonesia > Berita Kampus > Implementasi Kerjasama ITI 2023 : Serah Terima Alat Laboratorium dari PT. Maxon Prime Technology

Implementasi Kerjasama antara PT Maxon Prime Technology dan Institut Teknologi Indonesia (ITI) resmi ditandai dengan serah terima alat praktikum pengujian prestasi pompa submersible.

Tangerang Selatan, 24 Januari 2024, Alat ini diserahkan langsung oleh Direktur Utama PT Maxon Prime Technology, Bapak Teh Yee Keong, kepada Rektor Institut Teknologi Indonesia, Bapak Dr. Ir. Marzan Aziz Iskandar IPU, ASEAN Eng.

Implementasi KerjasamaKerjasama antara PT Maxon Prime Technology, sebuah perusahaan asal Italia, dan Institut Teknologi Indonesia telah terjalin dengan baik sejak tahun 2021. Kolaborasi ini bertujuan untuk mendukung program-program berkelanjutan dan menciptakan sinergi antara kedua belah pihak. Alat laboratorium yang diserahkan ini akan digunakan oleh Laboratorium Program Studi Teknik Mesin ITI untuk praktikum perkuliahan, yang diharapkan dapat meningkatkan kualitas pembelajaran dan praktik mahasiswa.

Penyerahan alat ini merupakan bukti nyata dari hasil implementasi kerjasama yang telah berjalan dengan baik antara PT Maxon Prime Technology dan Institut Teknologi Indonesia. Beberapa bentuk kerjasama yang telah terjalin di antaranya adalah:

Penerimaan Mahasiswa Magang/MBKM:

PT Maxon Prime Technology secara rutin menerima mahasiswa Institut Teknologi Indonesia untuk magang dalam rangka Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Program ini memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mendapatkan pengalaman kerja nyata di industri, sekaligus mengaplikasikan ilmu yang telah mereka pelajari di bangku kuliah.

Pengiriman Pegawai untuk Studi Lanjut ke S1-RPL:

Selain mendukung mahasiswa, PT Maxon Prime Technology juga berkomitmen dalam pengembangan sumber daya manusianya dengan mengirimkan pegawai untuk melanjutkan studi ke jenjang S1 melalui program Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL) di Institut Teknologi Indonesia. Program ini memungkinkan pegawai yang memiliki pengalaman kerja untuk mendapatkan pengakuan akademik dan melanjutkan pendidikan formal mereka.

Rekrutmen Lulusan ITI:

PT Maxon Prime Technology juga aktif dalam merekrut lulusan ITI. Hal ini menunjukkan kepercayaan perusahaan terhadap kualitas pendidikan yang diberikan oleh ITI. Dengan adanya kerjasama ini, lulusan ITI memiliki peluang lebih besar untuk bergabung dengan perusahaan internasional dan mengembangkan karir mereka di industri teknologi.

Pengiriman Pegawai untuk Mengambil Program Profesi Keinsinyuran (PPI):

PT Maxon Prime Technology juga mendukung pengembangan profesionalisme pegawainya dengan mengirim mereka untuk mengikuti Program Profesi Keinsinyuran (PPI) di ITI. Program ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi dan profesionalisme insinyur melalui pendidikan yang lebih terstruktur dan mendalam.

Bapak Teh Yee Keong menyampaikan harapannya bahwa kerjasama ini tidak hanya akan memperkuat hubungan antara PT Maxon Prime Technology dan ITI, tetapi juga akan berkontribusi pada peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia, khususnya dalam bidang teknik. “Kami sangat bangga dapat menjadi bagian dari perjalanan pendidikan di ITI. Kami berharap alat praktikum ini dapat membantu mahasiswa dalam memahami dan menguasai teknologi pompa submersible, yang merupakan salah satu teknologi penting dalam industri,” ujar Bapak Teh Yee Keong.

Sementara itu, Bapak Dr. Ir. Marzan Aziz Iskandar menyampaikan apresiasinya kepada PT Maxon Prime Technology atas dukungan dan kerjasama yang telah terjalin. “Kerjasama dengan PT Maxon Prime Technology sangat berarti bagi kami. Alat praktikum ini akan sangat bermanfaat bagi mahasiswa kami dalam mengembangkan keterampilan praktis mereka. Kami berharap kerjasama ini dapat terus berlanjut dan memberikan manfaat yang lebih besar bagi kedua belah pihak,” ungkapnya.

Implementasi KerjasamaDengan adanya alat praktikum pengujian prestasi pompa submersible ini, mahasiswa Program Studi Teknik Mesin ITI diharapkan dapat lebih memahami dan menguasai teknologi pompa submersible. Alat ini akan digunakan dalam berbagai kegiatan praktikum yang dirancang untuk memberikan pengalaman langsung kepada mahasiswa dalam mengoperasikan dan menguji kinerja pompa submersible. Hal ini diharapkan dapat meningkatkan kompetensi teknis mahasiswa, sehingga mereka siap untuk terjun ke dunia industri setelah lulus.

Kerjasama ini juga menjadi contoh nyata bagaimana kolaborasi antara institusi pendidikan dan industri dapat memberikan dampak positif bagi pengembangan pendidikan dan peningkatan kualitas sumber daya manusia. PT Maxon Prime Technology dan ITI berharap agar kerjasama ini dapat terus berkembang dan menghasilkan inovasi-inovasi baru yang bermanfaat bagi kedua belah pihak serta masyarakat luas.