English EN Indonesian ID
English EN Indonesian ID

Pesan Untuk Wisudawan & Wisudawati

Institut Teknologi Indonesia > Pojok Rektor > Pesan Untuk Wisudawan & Wisudawati

SIDANG SENAT TERBUKA DALAM RANGKA WISUDA SEMESTER GENAP TA 2020/2021 INSTITUT TEKNOLOGI INDONESIA

Assalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh,

Yang saya muliakan

Saudara Ketua Senat dan para anggota Senat Institut Teknologi Indonesia,

Ketua Umum Pengurus Yayasan Pengembangan Teknologi Indonesia beserta jajarannya, Ketua Umum Pengurus Pusat Insinyur Indonesia atau yang mewakili, Ibu dan Bapak para orang tua wisudawan, para penyandang dana beasiswa dan para mitra Institut Teknologi Indonesia.

Yang saya hormati

Para pimpinan, para Ketua Program Studi serta rekan-rekan dosen dan tenaga kependidikan Institut Teknologi Indonesia, dan Yang teristimewa yang saya cintai dan saya banggakan para wisudawan Institut Teknologi Indonesia, serta Para undangan dan hadirin sekalian yang berbahagia,

Pertama-tama marilah kita panjatkan puji dan syukur ke hadirat Allah SWT Tuhan YME, karena atas limpahan rahmat dan ridhoNya, pada hari ini kita semua dapat menghadiri Sidang Senat Terbuka Institut Teknologi Indonesia dalam rangka Wisuda Semester Genap TA 2020/2021, dalam keadaan sehat walafiat, tidak kurang suatu apapun juga. Kepada semua tamu undangan yang hadir dalam acara ini, saya ucapkan terima kasih dan penghargaan, disertai harapan, semoga silaturrahmi dan kerja sama kita semakin erat dan mendatangkan manfaat bagi kita semua.

Ibu, Bapak dan hadirin yang saya hormati,

Sidang Senat Terbuka dalam rangka wisuda Semester Genap 2020/2021 ini diselenggarakan dalam kondisi wabah Pandemi Covid-19 yang telah berlangsung lebih dari satu tahun dan belum juga menunjukkan tanda-tanda akan akan segera berakhir. Alhamdulillah sejak ditetapkannya pembatasan kegiatan di kampus ITI sebagai upaya pencegahan penularan Covid-19 pada awal Maret 2020 dan pemberlakuan PSBB di Kota Tangerang Selatan sampai Sekarang dari segenap sivitas akademika ITI, baik mahasiswa, dosen dan tenaga kependidikan tidak terdapat kasus fatal, hanya tercatat beberapa kasus warga kita yang terpapar yang alhamdulillah seluruhnya pulih kembali. Sejak bulan Maret 2021, secara bertahap, semua dosen dan tenaga kependidikan melaksanakan vaksinasi dibawah koordinasi LLDIKTI Wilayah 3. InsyaAllah upaya ini akan meningkatkan imunitas kita. Tetapi kita tidak boleh lengah untuk tetap menerapkan 5M, yaitu memakai masker, menjaga jarak,mencuci tangan, menghindari kerumunan dan mengurangi mobilitas. Semoga kita semua senantiasa dalam keadaan sehat walafiat, Aamiin YRA.

Dalam rangka melaksanakan protokol pencegahan penularan Covid-19 itu pula, maka acara Sidang Senat Terbuka untuk melepas wisudawan ITI kali ini untuk kedua kalinya kita laksanakan secara kombinasi, sebagian daring dan sebagian kecil luring. Penyelenggaraan secara luring dilaksanakan di Aula Gedung G Kampus ITI dan dengan peserta yang hadir langsung adalah perwakilan wisudawan yaitu 3 orang yang akan memberikan kesan dan pesan wisudawan dan pengucapan janji sarjana. Wisudawan, keluarga, pendamping serta tamu undangan lainnya mengikuti acara ini secara daring dari berbagai lokasi dimana mereka berada, menggunakan sarana teknologi informasi yang tersedia. Mudah-mudahan penyelenggaraan ini tidak mengurangi arti dan kekhidmatan serta kesan yang baik, bahkan semoga acara hari ini menjadiken angan yangi stimewa bagi segenap wisudawan, keluarga dan undangan lain yang mengikutinya.

Ibu, Bapak dan hadirin yang saya hormati,

Selanjutnya ijinkanlah saya menyampaikan statistik lulusan Institut Teknologi Indonesia pada semester genap 2020/2021 ini. Jumlah lulusan semester genap 2019/2020 sebanyak 291 orang dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) rata-rata 3,18 dan lama studi rata-rata 5 tahun dengan lulusan tercepat diraih dalam 4 tahun. Prestasi lulusan terbaik dengan predikat summacumlaude diraih oleh 4 mahasiswa, magna cumlaude 8 mahasiswa dan cumlaude 27 mahasiswa. IPK tertinggi 3,87 diraih oleh ananda Wahyudi Rinaldi, NIM 1141620041 dari Program Studi Teknik Kimia.

Selanjutnya, jumlah lulusan semester ganjil 2020/2021 sebanyak 178 orang dengan IPK rata-rata 3,0 dan lama studi rata-rata 4,5 tahun dengan lulusan tercepat diraih dalam 3,5 tahun. Prestasi lulusan terbaik dengan predikat magnacumlaude 1 mahasiswa dan cumlaude 1 mahasiswa. IPK tertinggi 3,79, diraih oleh ananda Mila Amalia, NIM 1411700017 dari Program Studi Manajemen. Dari seluruh lulusan yang berjumlah 469 orang, 142 orang diantaranya mengikuti acara wisuda kali ini.

Kepada ananda yang berhasil meraih prestasi sebagai lulusan terbaik, saya ucapkan selamat, selamat atas prestasi luar biasa yang telah dicapai, semoga sukses ini berlanjut dalam karya dan karir selanjutnya. Teruslah berprestasi, harumkan nama keluarga, almamater dan bangsa Indonesia sebagai amal ibadah kepada Allah SWT Tuhan YME. Kepada segenap wisudawan lainnya, saya juga mengucapkan selamat atas kelulusan ananda semua dari kampus tercinta ini, semoga semua yang telah diperoleh selama belajar disini bermanfaat sebagai bekal dalam berjuang dan berkarya ditengah-tengah masyarakat. Kami yakin, ananda semua akan menjadi bagian dari solusi dari berbagai permasalahan ditengah masyarakat. Ananda Aminatu Juriah dengan IPK 3,85 pada saatnya nanti akan menyampaikan pidato sambutan mewakili wisudawan.

Ibu, Bapak dan hadirin yang saya hormati,

Dalam kesempatan yang baik ini, ijinkanlah saya selaku pimpinan ITI memberikan wejangan kepada segenap wisudawan sekalian.

Ananda wisudawan sekalian, kita memaklumi bahwa dampak negatif wabah pandemi Covid-19 yang telah berlangsung setahun lebih ini belum juga berakhir. Sektor perekonomian yang menjadi indikator utama besarnya penyerapan tenaga kerja masih mengalami kontraksi. Ini merupakan gambaran umum yang merefleksikan tantangan, kesulitan atau bayangan suram yang ada dihadapan kita.

Namun kita tidak boleh bersikap pesimistis. Kita harus tetap optimis menghadapi keadaan yang sulit ini, sebagaimana optimisnya kita dalam meyakini bahwa setiap bayangan tentu disertai dengan adanya cahaya, tidak akan ada bayangan jika tidak ada cahaya. Cahaya itu adalah peluang. Cahaya itu adalah kesempatan yang muncul di tengah pandemi ini. Kita menyaksikan bahwa ditengah lesunya sebagian besar sektor perekonomian, sejumlah kegiatan bisnis justeru berkembang sangat pesat. Katakanlah sebagai contoh, jasa pengiriman barang, aktifitas daring dan sektor kesehatan. Tentu masih sangat banyak cahaya-cahaya lainnya yang belum ditemukan. Untuk itu, menjadi tugas ananda semua untuk menemukan cahaya-cahaya dibalik kegelapan bayangan suram dampak pandemi ini dengan berbagai  ide dan upaya inovatif.

Inovasi menjadi kata kunci untuk menemukan, memformulasikan dan merealisasikan solusi berupa perbaikan dan terobosan jalan keluar di tengah kesulitan yang kita hadapi. Inovasi akan tumbuh dan berkembang subur dalam lingkungan kerja yang mendukungnya. Kita menyebutnya sebagai ekosistem inovasi. Ekosistem inovasi mensyaratkan adanya kerjasama diantara para stakeholder-nya, ada yang menyebutnya sebagai triplehelix, yaitu akademisi, pengusaha dan pemerintah; ada pula yang menambahkan pers dan komunitas dan menamakannya sebagai pentahelix.

Untuk dapat menghasilkan inovasi, kita semua harus menjadi bagian dari ekosistem inovasi itu. Berdasarkan pengalaman dan pengamatan saya, untuk menjadi bagian dari ekosistem inovasi, setiap individu harus memiliki dan terus mengasah 4 hal, yaitu pertama, kerjakeras.  Kerja keras menunjukkan komitmen kita untuk menghasilkan karya yang maksimal. Kerja keras menunjukkan bahwa kita mengerahkan semua daya dan upaya untuk keberhasilan pekerjaan. Yang kedua adalah keterbukaan. Kita harus bersikap terbuka, untuk membagi pengetahuan dan keterampilan serta menyampaikan ide dan saran dalam lingkungan kerja ananda. Yang ketiga adalah gotong royong. Kita harus membangun suasana kerjasama yang erat, berat sama dijinjing, ringan sama dipikul dengan rasa kebersamaan dan empati terhadap rekan kerja. Dan yang keempat adalah kompetensi. Kita harus memiliki pengetahuan dan keterampilan yang memenuhi dalam pekerjaan kita. Untuk itu kita semua harus selalu meng-update ilmu pengetahuan dan keterampilan sesuai perkembangan Iptek. Jika setiap individu stakeholder memiliki keempat karakter ini, insyaAllah akan terbentuk ekosistem inovasi yang kuat dan terus berkembang menghasilkan cahaya inovasi yang menjadi solusi bagi berbagai kesulitan dan hambatan yang kita hadapi. Tentu saja, sebagaimana setiap cahaya akan memberikan dampak adanya bayangan. Bayangan tersebut adalah ancaman risiko kegagalan atau dampak negatif yang mungkin muncul dari upaya kita tersebut. Lakukan perhitungan dengan cermat terhadap risiko dan dampak itu. Jangan pernah takut untuk mengambil risiko yang terukur, karena keberhasilan dan kemenangan adalah milik mereka yang berani. Setelah semua itu ananda laksanakan, serahkan segala sesuatunya kepada Allah SWT Tuhan Yang Maha Kuasa, yang dapat mengangkat derajat dan marwah ananda ke tempat yang tinggi dan mungkin tidak pernah ananda bayangkan sebelumnya. Buatlah almamater bangga atas prestasi ananda semua dankami segenap sivitas akademika akan terus berupaya memperbaiki dan mengembangkan kampus ini sebagai kampus kebanggaan ananda semua. Demikianlah wejangan dari saya. Semoga Tuhan YME meridhoi semua yang kita lakukan dan cita-citakan.

Sebagai penutup,

Perkenankanlah saya atas nama Institut Teknologi Indonesia sekali lagi menyampaikan selamat kepada seluruh wisudawan. Saya juga menyampaikan terimakasih dan penghargaan yang tinggi kepada semua Ketua Program Studi, para Pembimbing Tugas Akhir, para Penasihat Akademik, para dosen dan tenaga kependidikan ITI atas kerja keras dan kesabarannya. Juga kepada para pemberi beasiswa, yang telah membantu banyak mahasiswa ITI sampai lulus. SemogaTuhan YME membalas budi baik Ibu, Bapak dan Saudara semua dengan imbalan yang berlipat ganda.

Terima kasih dan penghargaan juga saya sampaikan kepada para Alumni ITI, mitra kerjasama ITI, serta masyarakat sekitar kampus yang telah mendukung terlaksananya proses pembelajaran di ITI secara utuh, aman, nyaman dan kondusif.

Terima kasih dan penghargaan yang tinggi secara khusus saya sampaikan kepada Kepala LLDIKTI Wilayah 3, para Pemangku Wilayah, Persatuan Insinyur Indonesia serta Yayasan Pengembangan Teknologi Indonesia atas segala dukungan, nasihat dan pengarahannya, sehingga misi pendidikan tinggi di ITI dapat dilaksanakan dengan lancar dan semakin baik.

Tidak lupa, saya sampaikan pula terimakasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada seluruh anggota panitia penyelenggara, para mahasiswa, dan Unit Kegiatan Mahasiswa yang telah membantu, sehingga seluruh rangkaian acara Sidang Senat Terbuka ini dapat terselenggara dengan tertib, lancar dan khidmat. Semoga Allah SWT senantiasa meridhoi dan memberkati kita semua, Aamiin YRA.

Sekianlah yang dapat saya sampaikan, mohon maaf jika ada kata-kata yang salah atau kurang berkenan dihati Ibu, Bapak dan Saudara sekalian.

Wabillahitaufiqwalhidayah,

Wassalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh.

Tangerang Selatan, 5 Juni 2021.

Rektor ITI

Dr. Ir. Marzan Aziz Iskandar, IPU