English EN Indonesian ID
English EN Indonesian ID

Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru Institut Teknologi Indonesia (PKKMB ITI) tahun 2022

Institut Teknologi Indonesia > Berita Kampus > Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru Institut Teknologi Indonesia (PKKMB ITI) tahun 2022

Tangerang Selatan (Selasa, 14 September 2022) – Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) tahun 2022 dilaksanakan di Aula Gedung G Institut Teknologi Indonesia dengan mengangkat tema Meraih Prestasi Dengan Kolaborasi.

Rangkaian acara pelaksanaan kegiatan PKKMB ITI tahun 2022 diselenggarakan selama 3 hari terhitung sejak tanggal 14 hingga 16 September 2022 yang diikuti oleh Mahasiswa Baru Institut Teknologi Indonesia (ITI) beserta Mahasiwa dari program Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) angkatan 2 yang merupakan salah satu program baru dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia (Kemendikbudristek RI).

PKKMB ITI tahun 2022 dimulai dengan kegiatan pembukaan Sidang Senat Terbuka yang dipimpin oleh Prof. Ir. Krishna Mochtar, ST., MSCE., PhD., IPU selaku Ketua Senat ITI dan didampingi oleh para Senat Institut Teknologi Indonesia dalam rangka penerimaan Mahasiswa baru tahun akademik 2022/2023. Pada kesempatan yang sama, Dra. Ir. Sri Handayani, M.Si selaku Kepala Pusat Akademik (PPA) membacakan Surat Keputusan (SK) Rektor yang berisi tentang keputusan dan ketetapan tentang penerimaan sebagai Mahasiswa dan Sivitas Akademika Institut Teknologi Indonesia.

Pelantikan Mahasiswa Baru dilakukan oleh Dr. Ir. Marzan Aziz Iskandar, IPU., ASEAN.Eng selaku Rektor didampingi oleh Ketua Senat dengan memakaikan jaket almamater Institut Teknologi Indonesia secara simbolis kepada 2 orang perwakilan Mahasiswa Baru. Perwakilan Mahasiswa Baru yang telah dilantik kemudian memimpin pembacaan Janji Mahasiswa yang diikuti oleh seluruh Mahasiswa Baru Institut Teknologi Indonesia.

Sambutan Nadiem Anwar Makarim selaku Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi disaksikan oleh seluruh Mahasiswa Baru Institut Teknologi Indonesia maupun Mahasiswa PMM angkatan 2 tahun 2022 dilanjutkan dengan Sambutan Rektor Institut Teknologi Indonesia.

Dr. Marzan Aziz Iskandar, IPU., ASEAN.Eng melalui sambutannya mengucapkan selamat bergabung untuk para Mahasiswa Baru sebagai Sivitas Akademika ITI sekaligus menerima dan menyapa Mahasiswa Inbound dalam rangka program Merdeka Belajar Kampus Merdeka PMM angkatan 2 yang terdiri dari 58 Mahasiswa yang terdiri dari 22 Perguruan Tinggi dari berbagai PTN maupun PTS di Indonesia.

Mahasiswa PMM angkatan 2 berasal dari Universitas Hanzanwadi, Universitas Sari Mulia, Universitas Tadulako, Universitas Muhammadiyah Aceh, Universitas Negeri Manado, Universitas Syah Kuala, Universitas Cokroaminoto Palopo, Universitas Medan Area, Universitas STKIP PGRI Sumatera Barat, Universitas Udayana, Universitas Muhammadiyah Bengkulu, Universitas Lambung Mangkurat, Universitas Halu Uleo, Universitas Musamus Merauke, Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat, Institut Teknologi Kalimantan, Universitas Nusa Cendana, Universitas Jambi, Universitas Lancang Kuning, Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen Informatika Wamena Papua dan Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.

Sanita Oktavia selaku perwakilan dari Mahasiswa PPM angkatan 2 yang merupakan Mahasiswa Semester 5 Jurusan Teknologi Informasi dari Universitas Sari Mulia, Kalimantan Selatan, Banjarmasin memberikan sambutannya di depan seluruh hadirin PKKMB ITI 2022. Dalam sambutannya, Sanita Oktavia menjelaskan sangat bangga karena dapat terpilih sebagai salah satu dari ratusan ribu Mahasiswa di Indonesia yang dapat menjadi Mahasiswa PMM angkatan 2 Kampus Institut Teknologi Indonesia, Serpong, Kota Tangerang Selatan.

Paduan Suara Gema Wakacita ITI mempersembahkan lagu dengan judul Cinta Sejati yang dipopulerkan oleh Bunga Citra Lestari dan merupakan theme song dari Film Habibie & Ainun. Prof. Dr-Ing. Ir. H. Bacharuddin Jusuf Habibie, FREng merupakan sosok pendiri Institut Teknologi Indonesia sehingga persembahan lagu sangat berkorelasi.

Pada kesempatan yang sama, dilakukan pemberian penghargaan kepada Mahasiswa yang menyandang IPK tertinggi, Mahasiswa berprestasi dan pemberian simbolis perwakilan per skema beasiswa KIP kuliah Yayasan Kasih AA Rachmat PT. Adaro, Beasiswa Adik Asuh Alumni Teknik Elektro dan Yayasan Setia Negara, Beasiswa Alumni Teknologi Industri Pertanian, Beasiswa PT. Bara Adhi Pratama dan Beasiswa Pemerintah Provinsi Papua.

Penyajian tarian bernuansa Bali dari Bengkel Seni Institut Teknologi Indonesia (BESI ITI) dan pembacaan Do’a menjadi persembahan di penghujung acara dilanjutkan penutupan Sidang Senat Terbuka Institut Teknologi Indonesia yang dilakukan oleh Prof. Ir. Khrisna Mochtar, ST., MSCE., IPU selaku Ketua senat ITI.

Acara PKKMB ITI 2022 akan berlangsung dalam 2 hari kedepan yang akan diikuti oleh Mahasiswa Baru maupun Mahasiswa PMM angkatan 2 dari berbagai Perguruan Tinggi di Institut Teknologi Indonesia. Seluruh rangkaian PKKMB dapat disaksikan melalui kanal YouTube Institut Teknologi dari awal pembukaan sampai dengan penutupan Acara PKKMB ITI tahun 2022.

Leave a Reply