Site icon Institut Teknologi Indonesia

Batas Reklaim Akun KIP Kuliah 2024 sampai 31 Agustus: Langkah-Langkah dan Hal yang Perlu Diketahui

Batas Reklaim Akun KIP Kuliah 2024
Info ini Jangan Berhenti di Anda. Yuk, Bagikan Melalui:

Bagi para calon mahasiswa dan mahasiswa baru yang telah mendaftar di program Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah, penting untuk mengetahui langkah-langkah yang harus dilakukan jika data Anda tidak tersedia setelah login. lakukan reklaim akun KIP Kuliah

Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan (Puslapdik) dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi mengingatkan calon mahasiswa atau mahasiswa baru yang mendaftar akun di SIM Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah pada periode Februari-Juni untuk tidak lupa melakukan klaim ulang KIP Kuliah. Reklaim ini perlu dilakukan oleh calon mahasiswa atau mahasiswa baru yang terdampak pemeliharaan sistem KIP Kuliah pada tahun 2024.

Baca Juga : Raih Mimpi Kuliah S1 Gratis dengan KIP Kuliah

Berikut ini adalah panduan lengkap berdasarkan pertanyaan umum yang tersedia di panduan terkait proses Reklaim Akun KIP Kuliah.

Mengapa Data Tidak Tersedia Setelah Login?

Jika Anda sudah login namun data-data tidak tersedia, hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah melakukan Reklaim Akun KIP Kuliah. Proses ini bisa dilakukan dengan mengakses sistem KIP Kuliah di sini. Pastikan untuk memeriksa kembali data yang telah tersimpan dan mengunggah kembali dokumen serta data pendukung pendaftaran KIP Kuliah. Periode untuk melakukan proses ini adalah dari 29 Juli 2024 hingga 31 Agustus 2024.

Dokumen yang Perlu Diupload Saat Reklaim Akun

Pada saat melakukan Reklaim Akun, pastikan Anda mengunggah kembali data atau dokumen terkini. Hal ini penting untuk memastikan bahwa semua informasi yang ada dalam akun Anda sudah sesuai dengan keadaan terbaru.

Jika Anda Sudah Menjadi Penerima Beasiswa KIP Kuliah

Bagi yang sudah menjadi penerima beasiswa KIP Kuliah, Anda tidak perlu melakukan Reklaim Akun. Anda cukup login dengan memasukkan nomor pendaftaran dan kode akses seperti biasa.

Siapa yang Harus Melakukan Reklaim Akun?

Proses Reklaim Akun ini wajib dilakukan oleh calon mahasiswa atau mahasiswa baru yang terkena dampak pemeliharaan sistem KIP Kuliah di tahun 2024. Jadi, jika Anda sudah mendaftar KIP Kuliah sebelum terjadinya kendala sistem, pastikan untuk mengikuti prosedur ini.

Batas Waktu untuk Reklaim Akun

Perlu diperhatikan bahwa Reklaim Akun hanya bisa dilakukan pada periode 29 Juli 2024 hingga 31 Agustus 2024. Pastikan untuk melakukan pengecekan dan pengunggahan dokumen dalam periode tersebut agar akun Anda tetap aktif dan valid.

Apakah Semua Pendaftar KIP Kuliah Perlu Reklaim Akun?

Tidak semua pendaftar perlu melakukan Reklaim Akun. Jika Anda belum pernah mendaftar KIP Kuliah sebelumnya, Anda tidak perlu mengikuti prosedur Reklaim Akun. Cukup lakukan pendaftaran baru dengan menekan tombol “Daftar Sekarang” pada halaman login platform KIP Kuliah.

Mengatasi Kendala Teknis Saat Reklaim Akun KIP Kuliah

Jika Anda mengalami kendala teknis selama proses Reklaim Akun, Anda bisa menghubungi layanan bantuan dengan menekan tombol “Bantuan” di pojok kanan bawah laman KIP Kuliah, atau mengunjungi https://ult.kemdikbud.go.id/.

Tidak Bisa Login Setelah Memasukkan Kode Akses?

Apabila Anda tidak bisa login meskipun sudah memasukkan nomor pendaftaran dan kode akses, Anda mungkin perlu melakukan Reklaim Akun terlebih dahulu. Untuk mendapatkan kode akses baru, ikuti instruksi dengan menekan tombol “Baca Panduan” pada infobox di halaman login KIP Kuliah.

Langkah-langkah untuk Melakukan Reklaim Akun KIP Kuliah

  1. Buka laman KIP Kuliah di kip-kuliah.kemdikbud.go.id.
  2. Klik “Login Siswa”.
  3. Pilih jenis klaim sesuai dengan status Anda:
    • Untuk yang sudah lolos SNBP/SNBT, isi data NISN, tanggal lahir, dan email untuk mendapatkan kode akses baru.
    • Untuk pendaftar periode Januari-Juni 2024, isi data NIK, NISN, NPSN, tanggal lahir, dan nama ibu kandung untuk verifikasi.
  4. Ikuti instruksi yang muncul di layar untuk menyelesaikan proses klaim ulang.

Dengan memahami langkah-langkah ini, Anda dapat memastikan proses pendaftaran dan validasi data KIP Kuliah berjalan lancar. Jangan lupa untuk selalu mengecek ulang data dan dokumen Anda agar tidak ada masalah di kemudian hari.

Cara mengatasi notifikasi error saat melakukan reklaim akun KIP kuliah

Untuk mengatasi notifikasi error saat melakukan reclama atau klaim ulang akun KIP Kuliah, berikut adalah beberapa solusi yang dapat diikuti:

  1. Nomor Pendaftaran atau Akses Tidak Sesuai
  1. NIK Tidak Sesuai Format
  1. Nama Ibu Kandung Tidak Sesuai
  1. NISN Tidak Sesuai Format atau Kurang Digit
  1. Tanggal Lahir Tidak Sesuai
  1. Terlalu Banyak Percobaan

Baca Selengkapnya : Informasi Penting untuk Siswa Peserta KIP Kuliah 2024

Info ini Jangan Berhenti di Anda. Yuk, Bagikan Melalui:
Exit mobile version