LP3M

Article Index
LP3M
Penelitian
Pengabdian
Inkubasi Bisnis
All Pages

LEMBAGA PENELITIAN, PENGABDIAN DAN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT (LP3M ITI)

LP3M ITI adalah salah satu unit pelaksana teknis atau salah satu direktorat tersendiri yang ada di Institut Teknologi Indonesia yang mempunyai fungsi Penelitian-Pengabdian dan Pemberdayaan pada Masyarakat.  Prinsip mendasar yang mewarnai aktivitas kerja LP3M ITI menerapkan azas bejana berhubungan artinya setiap satu bejana diisi oleh cairan maka cairan itu akan mengalir ke seluruh bejana sehingga mencapai posisi yang seimbang. Tiga aspek yang diintegrasikan untuk menggerakkan LP3M ITI adalah  :

Institution (dosen, karyawan, lembaga pendukung lain dan semua infrastruktur yang ada) --reserach (semua hasil riset dari dosen dan mahasiswa serta paten yang dihasilkan)-- Internationality (networking yang terbentuk, personal approach dan juga kemampuan komunikasi yang baik).

Dengan prinsip ini maka penerapan teknologi transfer kepada masyarakat akan meningkatkan peran serta LP3M ITI kepada masyarakat yang membutuhkan. Sementara ini dalam LP3M terdapat pula unit yang menginisiasi munculnya industri yang berasal dari hasil riset para dosen dan mahasiswa. Dengan demikian lembaga ini memfasilitasi kreasi para alumni atau para mahasiswa yang ingin mendirikan perusahaan sebagai implementasi hasil riset.

 

Fungsi LP3M ITI :

Secara umum fungsi dari LP3M ITI sebagai berikut:

  1. Sebagai mediator secara institusi yang menghubungkan demand dan supplay, problem dan solusi masyarakat dengan ITI;
  2. Sebagai lembaga yang mengkoordinasikan penelitian dan kegiatan pengembangan IPTEKS untuk kepentingan masyarakat;
  3. Sebagai lembaga yang mengkoordinasikan hasil riset IPTEKS kepada masyarakat;
  4. Sebagai lembaga yang menginisiasi munculnya Entrepreneur baru di Masyarakat;
  5. Sebagai lembaga yang menekankan etika universal menjiwai seluruh profesi yang ada di masyarakat.

Motto LP3M ITI :

Tekun Teliti Implementatif Inovatif daya jual Tinggi Marketable inisiator entrepreneur dan Ethics.


Penelitian

Khususnya untuk divisi Penelitian maka budaya tekun merupakan syarat mutlak untuk membuat insan ITI tidak mudah terpengaruh tetapi konsisten pada arah penelitian yang telah digariskan oleh institusi. Budaya teliti sebagai bagian yang harus melekat pada diri insan peneliti di ITI agar hasil riset yang dipublikasikan benar benar akurat sebagai rujukan masyarakat. Implementatif dan terarah artinya dapat diaplikasikan langsung kepada masyarakat dan harus teruji di lapangan sehinga jika dimanfaatkan langsung dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.Saat ini penelitian yang dikembangkan di LPPM  ITI ada empat fokus yaitu:

  • Energi (Sebagai kebutuhan mendasar manusia untuk melangsungkan hidupnya)
  • Pangan (Agar dapat beraktifitas manusia sangat membutuhkan pangan sebagai kebutuhan dasar manusia)
  • Infrastruktur (Untuk nyamannya manusia beraktifitas maka tempat tinggal, jalan dan fasilitas umum menjadi fokus penelitian yang berikutnya)
  • Lingkungan (Untuk melestarikan lingkungan kita, maka  kesadaran pembangunan yang selalu berorientasi kelestarian lingkungan menjadi kajian uatama)

Hibah Penelitian dari DIKTI saat ini antara lain mengenai Pemanfaatan Batok kelapa sebagai sumber asap cair, Pembuatan plastik yang bersifat biodegradable.  Dan penelitian lainnya pada berbagai bidang limbah sawit-probiotik- pemanfaatan santan sebagai niyoghurt  dan juga pemanfaatan saga bean sebagai pendamping sumber protein nabati di Indonesia.


Pengabdian

Untuk  divisi Pengabdian  dan pemberdayaan masyarakat berorientasi pada profit centre artinya semua aktivitas yang dilaksanakan oleh divisi ini mengedepankan provit, inovatif dan harus mengikuti trend kebutuhan masyarakat disamping pemberdayaan masyarakat. Metode yang diterapkan kepada masyarakat bersifat fleksibel dengan teknologi transfer yang mudah difahami oleh masyarakat awam, dan mempu menggunakan local content yang ada. Hasil riset dikemas sedemikian rupa sehingga mempunyai daya jual yang tinggi, menarik selalu dicari dan diselesaikan permasalahan secara tuntas. Beberapa Pengabdian masyarakat yang sudah dijalankan antara lain:

  • Community college dengan kompetensi bidang Teknologi Pangan pada Masyarakat pesantren bekerja sama dengan Direktotrat Pendidikan Keagamaan dan Masyarakat Pesantren Dirjend Pendis  Departemen Agama Tahun 20082)
  • Penerapan Teknologi Tepat Guna pada masyarakat Banten bekerja sama dengan Pemda Banten Tahun 20083)
  • Pelatihan Analisis Bahan Pangan kerja sama dengan Pemda Kabupaten Parigi Moutong Sulawesi Tengah tahun 2008
  • Sosialisasi pentingnya Pemanfaatan sistem informasi untuk tertib administrasi Perguruan Tinggi Agama Islam Swasta seluruh Indonesia di Batam 2008

Penelitian Inkubasi Bisnis

Khususnya untuk divisi inkubasi, bisnis dan industri yang diutamakan dalam implementasinya adalah berorientasi profit centre, sangat mudah dijual dan dapat diperjual belikan sesuai kebutuhan masyarakat. Setiap aktivitasnya selalu menginisiasi danya entrepreneur baru sehingga mampu mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat. Yang tidak kalah penting dalam pelaksanaannnya munculnya entrepreneur yang baru  juga beorientasi pada budaya dan etika universal.

Divisi inkubasi bisnis dan industri telah banyak melakukan aktivitas antara lain   Pelatihan Teknopreneur spiritual (Smile 227), Membangun in Wall unit  usaha jasa industri yang dibantu pendanaannya dari DP2M DIKTI dari tahun 2007 sampai 2008 ) , Turut mengembangkan kurikulum kewirausahaan, pembentukan kelompok bisnis dan forum diskusi dan kajian bisnis dan industri.

 

Random Pictures

Coffe Morni...
Image Detail

Kalender Akademik

No events

Info Lokasi

Kampus ITI

Jl. Raya Puspiptek

Serpong, Tangerang
Banten 15320
Telepon / Fax: (62) 021 7561102